Rabu 08 Sep 2021 22:38 WIB

Ganjar Beri Masukan Penataan Masjid Baiturrahman

Renovasi dilakukan untuk mempercantik kompleks masjid dan juga memperindah menara.

Ganjar Beri Masukan Penataan Masjid Baiturrahman (ilustrasi).
Foto: Antara/Mohammad Ayudha
Ganjar Beri Masukan Penataan Masjid Baiturrahman (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SEMARANG -- Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberi masukan kepada Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Jateng selaku pelaksana penataan Masjid Raya Baiturrahman, Kota Semarang, agar masjiddi lahan seluas 11.765 meter persegi itu tampak lebih megah.

"Sesuai arahan Bapak Gubernur Ganjar Pranowo, pagar yang menghalangi masjid untuk dibongkar dan diganti yang lebih terbuka. Ini agar masjid lebih terlihat kemegahannya," kata Kepala Satuan Kerja Pelaksana Balai Prasarana Permukiman Wilayah II (BPPW) Jawa Tengah Kementerian PUPR Anggoro Putro di Semarang, Rabu (8/9).

Ia menyebut bahwa keberadaan Masjid Raya Baiturrahmanakan lebih menyatu dengan kawasan Simpang Lima sehingga pintu gerbangdan pagarnya akan dibuat lebih terbuka, serta indah.

Menurut dia, Pemprov Jateng mendukung pelaksanaan program renovasi dan penataan Masjid Raya Baiturrahman di antaranya mempermudah memberikan perizinan administrasi maupun pengamanan.

"Sangat membantu, terutama soal perizinan yang diperlukan dalam proses renovasi. Apalagi, Pak Ganjar ternyata punya cerita tersendiri dengan masjid itu," ujarnya.

Terkait dengan penataan, pihaknya melibatkan ahli cagar budaya karena Masjid Raya Baiturrahman merupakan bangunan yang harus dilindungi.

"Nantinya bangunan itu masih terjaga sebagai bangunan cagar budaya. Renovasi dilakukan untuk mempercantik kompleks masjid dan juga memperindah menara," katanya.

Dengan dilakukan penataan tersebut, Masjid Raya Baiturrahman diharapkan bisa menjadi tempat ibadah sekaligus destinasi wisata religi di Jateng.

"Nantinya, bisa difungsikan sebagai tempat kegiatan setingkat nasional bahkan internasional," ujarnya.

Renovasi dan penataan kali ini juga akan menambah area parkir berkapasitas 229 motor dan 54 mobil, taman lengkap dengan air mancur dan kolam serta pengamanan agar pengunjung maupun jamaah selain nyaman dalam beribadah juga merasa aman.

Sebelumnya, Sekretaris Direktorat Jenderal Cipta Karya Didiet Arief Akhdiat mengatakan renovasi dan penataan Masjid Raya Baiturrahman dianggarkan Rp84 miliar dan ditargetkan selesai pada Agustus 2022.

"Pekerjaan meliputi beberapa aspek seperti penguatan struktur masjid, penguatan struktur menara, penataan bagian depan masjid, perbaikan interior masjid, pembangunan gedung MUI, 'basement' parkir, perbaikan sekolah dan lainnya," katanya.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement