Kamis 09 Sep 2021 09:59 WIB

'Inovasi Perlu Terus Dilakukan di Tengah Pandemi'

PPKM di hampir seluruh daerah menjadi tantangan tersendiri bagi industri elektronik.

Media Kick-off AQUA Japan yang digelar virtual, Rabu (8/9).
Foto: dokpri
Media Kick-off AQUA Japan yang digelar virtual, Rabu (8/9).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pandemi Covid-19 yang telah berjalan lebih dari satu setengah tahun di Indonesia memberikan pengaruh cukup signifikan terhadap perkembangan dunia bisnis dan industri. Salah satunya pada bisnis produk peralatan elektronik rumah tangga.

Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di hampir seluruh daerah di Indonesia menjadi tantangan tersendiri bagi industri elektronik. Menghadapi situasi tersebut, produsen elektronik rumah tangga AQUA Japan menerapkan strategi guna menyesuaikan kinerja perusahaan dengan kondisi di masa pandemi Covid-19.

Presiden Direktur AQUA Japan Indonesia, Kenji Sadayuki, mengatakan AQUA Japan sebagai salah satu brand produk elektronik terbesar, terus melakukan inovasi di tengah masa pandemi Covid-19, sebagai strategi agar terus dipercaya konsumen di Indonesia.  

"Saat ini Indonesia tengah berada pada pembatasan kegiatan masyarakat, sehingga berdampak kepada ekonomi termasuk industri elektronik. Hal tersebut adalah tantangan bagi kami, namun AQUA Japan tidak akan berhenti untuk terus berinovasi. Produk-produk kami pun terus disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, salah satunya kebutuhan akan produk dan fitur yang berfokus pada kesehatan. Komitmen kami ialah terus berinovasi dalam mendukung kesehatan tubuh, pikiran dan jiwa seluruh konsumen,” ujar Kenji dalam acara Media Kick-off AQUA Japan yang digelar virtual, Rabu (8/9) lalu.

Berbicara tentang inovasi produk, Head of Product Planning AQUA Japan Meiriano Ullman,  menyampaikan, selama tahun 2021 ini AQUA Japan telah menyiapkan berbagai puluhan produk sebagai bentuk komitmen kami dalam menjawab kebutuhan konsumen.

"Selama 2021 kami rencananya akan meluncurkan total 43 SKU produk mulai dari lemari es, mesin cuci, air conditioner, TV, chest freezer, hingga showcase cooler. Produk-produk terbaru ini  kaya akan inovasi dan yang terpenting memberikan fitur dan fungsi yang berkaitan dengan kesehatan, sebagai salah satu faktor utama saat ini di masa pandemi," tutur Rian.

Beberapa produk unggulan yang diluncurkan dan sarat dengan inovasi antara lain kulkas side by side AQR-605IG(GB), mesin cuci FQD-1050BF, AC AQA-KCRV10WP,  Smart Android TV LE55AQT7000QU, freezer AQF 450EC dan  showcase AQB-340AB .

Sementara untuk kaitannya dengan sales dan servis, AQUA Japan akan terus berusaha meningkatkan pertumbuhan penjualan dari seluruh jenis saluran distribusi yang ada saat ini, dan memberikan layanan perpanjangan garansi bagi produk-produk AQUA Japan.

"Jaringan distribusi penjualan kami saat ini sangat luas, dimana produk-produk AQUA Japan saat ini ada di lebih dari 85 persen market network di Indonesia. Luasnya jaringan distribusi penjualan ini juga merupakan salah satu cara agar AQUA Japan semakin dekat dengan konsumen,” ujar General Manager Sales AQUA Japan, Yudistiro.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement