Objek Wisata di Jember Segera Dibuka

Red: Bilal Ramadhan

Pengunjung berjalan di hamparan sawah di Desa Wisata Kemiri, Panti, Jember, Jawa Timur, Rabu (31/3/2021). Desa Wisata Kemiri adalah desa wisata baru di Jember, yang memadukan wisata alam, pelestarian lingkungan, edukasi, dan pemberdayaan masyarakat desa.
Pengunjung berjalan di hamparan sawah di Desa Wisata Kemiri, Panti, Jember, Jawa Timur, Rabu (31/3/2021). Desa Wisata Kemiri adalah desa wisata baru di Jember, yang memadukan wisata alam, pelestarian lingkungan, edukasi, dan pemberdayaan masyarakat desa. | Foto: ANTARA/Seno

REPUBLIKA.CO.ID, JEMBER -- Objek wisata di Kabupaten Jember, Jawa Timur akan segera dibuka dengan menerapkan prosedur protokol kesehatan, setelah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) kabupaten setempat berstatus level 2.

"Kami sudah mensosialisasikan secara lisan kepada pemilik destinasi wisata untuk bisa membuka objek wisatanya dengan kapasitas pengunjung dibatasi hanya 25 persen," kata Pelaksana tugas Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jember Debora Kresnowati.

Menurutnya, pihak Disparbud sudah menggelar rapat terkait dengan persiapan pembukaan objek wisata di Jember secara terbatas dengan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh pihak pengelola wisata.

"Kebijakan dibukanya objek wisata mengacu dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 39 Tahun 2021, sehingga pihak pengelola wisata harus mematuhi hal itu," tuturnya.

Dalam Inmendagri tersebut disebutkan bahwa uji coba tempat wisata mengikuti protokol kesehatan yang di atur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kementerian Kesehatan.

"Selain itu, para pengunjung dan pegawai di objek wisata wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan skrining dan disiplin menjalankan protokol kesehatan," katanya.

Ia mengatakan objek wisata di daerah level 2 dalam PPKM itu diizinkan untuk dibuka dengan kapasitas maksimal 25 persen jumlah pengunjung dengan menerapkan protokol kesehatan dan mengaktifkan aplikasi PeduliLindungi.

"Kami bersama sejumlah pihak akan melakukan pemantauan secara langsung untuk mengetahui apakah destinasi wisata itu benar-benar sudah memenuhi ketentuan untuk membuka objek wisata dan penerapan protokol kesehatan dilakukan dengan baik," katanya.

Sebelumnya Bupati Jember Hendy Siswanto mengizinkan objek wisata dibuka kembali setelah Kabupaten Jember memasuki PPKM Level 2 dengan jumlah pengunjung hanya dibatasi sebanyak 25 persen dari kapasitas tempat wisata.

Beberapa tempat wisata di Jember yang menjadi primadona di antaranya Pantai Papuma, Puncak Rembangan, Taman Botani, Pantai Payangan, Pantai Bandealit, dan Pantai Watu Ulo.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 

Terkait


Pemprov Uji Coba Buka TMII & Ancol, Wagub: Dibuka Bertahap

Ngawi Siap Buka Sejumlah Tempat Wisata

Cegah Kerumunan, Satpol PP Magelang Pantau Tempat Strategis

Pengadaan Seragam Sekolah di Surabaya Diminta Libatkan UMKM

Taman Pintar Yogyakarta Dibuka

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark