Pemkab Malang Siapkan Uji Coba Pembukaan Destinasi Wisata

Red: Muhammad Fakhruddin

Pemkab Malang Siapkan Uji Coba Pembukaan Destinasi Wisata (ilustrasi).
Pemkab Malang Siapkan Uji Coba Pembukaan Destinasi Wisata (ilustrasi). | Foto: dok. kemenparekraf

REPUBLIKA.CO.ID,MALANG -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang menyatakan akan melakukan uji coba pembukaan destinasi wisata yang ada di wilayah tersebut, dengan menerapkan protokol kesehatan penanganan COVID-19 secara ketat.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Malang Made Arya Wedhantara mengatakan ada kurang lebih sebanyak tujuh destinasi wisata di wilayah tersebut yang akan melakukan uji coba operasional untuk wisatawan. "Iya, ada rencana untuk melakukan uji coba pembukaan destinasi wisata," kata Made, Senin (13/9).

Made menjelaskan tujuh destinasi wisata di Kabupaten Malang yang akan melakukan uji coba operasional tersebut adalah Lembah Indah di Kecamatan Ngajum, Sanankerto di Kecamatan Turen, dan Balekambang di Kecamatan Bantur. Kemudian, lanjutnya, Desa Wisata Pujon Kidul, Coban Rondo, dan Wisata Flora Santera yang terletak di Kecamatan Pujon, serta Wisata Selorejo di Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang.

"Uji coba tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Ada beberapa persyaratan," ujarnya.

Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, kata dia, di antaranya penggunaan aplikasi PeduliLindungi untuk para wisatawan yang masuk ke kawasan wisata.

Selain itu, destinasi wisata juga harus menerapkan protokol Cleanliness, Health, Safety, and Environtment Sustainability (CHSE) pada saat beroperasi. CHSE merupakan protokol standard yang diberikan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Protokol CHSE merupakan standard wisata yang berbasis kebersihan, kesehatan, keamanan, dan kelestarian lingkungan. Protokol tersebut, harus diterapkan oleh pengelola destinasi wisata yang akan beroperasi pada masa pandemi COVID-19.

"CHSE merupakan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi. Kemudian juga menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Rencana uji coba minggu ini," ujarnya.

Sebagai informasi, di wilayah Malang Raya Kota Batu, dan Kota Malang, telah melakukan uji coba pembukaan destinasi wisata. Sementara di Kabupaten Malang masih belum melakukan uji coba operasional destinasi wisata.

Di Kota Batu, ada dua destinasi wisata yang melakukan uji coba operasional yakni Jatim Park 2 atau yang dikenal dengan Batu Secret Zoo, dan Taman Rekreasi Selecta. Sementara di Kota Malang, uji coba akan dilakukan di Wisata Hawai Group.

Saat ini wilayah Kabupaten Malang sudah dinyatakan masuk level 2 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Pada level 2 PPKM, tempat wisata sudah diperbolehkan untuk beroperasi dengan jumlah pengunjung maksimal 25 persen dari total kapasitas.

Tercatat, hingga saat ini, di wilayah Kabupaten Malang ada sebanyak 13.959 kasus konfirmasi positif COVID-19. Dari total tersebut, sebanyak 12.799 orang dilaporkan telah sembuh, 910 orang dinyatakan meninggal dunia, dan sisanya berada dalam perawatan.

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Yogyakarta Uji Coba Buka Terbatas 3 Destinasi Wisata

Tiga Destinasi Wisata DIY Segera Uji Coba Pembukaan

Daerah Diminta Hati-Hati Buka Destinasi Wisata

Ujicoba Pembukaan Kembali Taman Mini Indonesia Indah (1)

Disparbud Jabar Waspadai 'Revenge Tourism'

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark