Selasa 14 Sep 2021 20:27 WIB

Jokowi Mau Perguruan Tinggi Cetak Mahasiswa Unggul dan Utuh

Jokowi mengingatkan tugar rektor bukan hanya mendidik di dalam kampus.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Teguh Firmansyah
Presiden Joko Widodo
Foto: Antara/Hafidz Mubarak
Presiden Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, perguruan tinggi harus mampu mencetak dan melahirkan mahasiswa unggul dan utuh sehingga memiliki jasmani dan rohani yang sehat, serta budi pekerti dan visi kebangsaan yang baik. Hal ini disampaikan Jokowi saat memberikan sambutan pada Pertemuan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia di Auditorium Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret, Kota Surakarta pada Senin (13/9).

Ia mengatakan, meskipun hal ini bukan merupakan tugas yang ringan bagi perguruan tinggi, namun harus tetap dapat tercapai. “Karena kalau enggak (tercapai), kebawa ke mana-mana anak-anak kita nantinya. Sekali lagi, sehat jasmani, sehat rohani, budi pekertinya baik, kebangsaannya baik," ujar Jokowi dalam sambutannya yang baru diunggah di kanal Youtube Sekretariat Presiden pada Selasa (14/9).

Baca Juga

Karena itu, ia mengingatkan, tugas rektor dan seluruh jajarannya bukan hanya mendidik di dalam kampus saja, apalagi hanya mengajar di ruangan kelas. Namun juga harus mendidik mahasiswa di luar kampus.

"Di dalam kampus dididik mengenai budi pekerti, di luar kampus enggak ada yang mendidik, jadi pecandu narkoba. Nah, untuk apa kita kalau enggak bisa menjangkau ke sana? Di dalam kampus dididik mengenai Pancasila, kebangsaan, tapi di luar kampus ada yang mendidik mahasiswa kita jadi ekstremis garis keras, jadi radikalis garis keras, lha untuk apa,” kata dia.

Jokowi kemudian mencontohkan peran rektor dan jajarannya yang tidak hanya di dalam kampus. Saat dirinya menjadi mahasiswa di UGM, seringkali mahasiswa terkena penyakit secara bersamaan, seperti hepatitis dan typus.

“Karena apa? Warung-warung makan mencuci piringnya di ember, airnya satu ember, dipakai pagi sampai tengah malam. Berikan mereka air mengalir. Mahasiswa kita jadi membawa penyakit semuanya,” ujar Jokowi.

Karena itu, ia menekankan pentingnya peran rektor di dalam maupun luar kampus untuk melahirkan mahasiswa yang unggul dan utuh. “Hal-hal kecil-kecil, tetapi ya percuma kalau orang sepintar apapun kalau tidak sehat, untuk apa? Itu yang tadi saya sampaikan, unggul dan utuh,” katanya.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement