Selasa 14 Sep 2021 23:28 WIB

UNS Kukuhkan Lima Guru Besar Secara Bersamaan

Jumlah Guru Besar UNS saat ini sebanyak 240.

Rep: Binti Sholikah/ Red: Muhammad Fakhruddin
UNS Kukuhkan Lima Guru Besar Secara Bersamaan. Gerbang kampus Universitas Sebelas Maret (UNS).
Foto: Dok UNS
UNS Kukuhkan Lima Guru Besar Secara Bersamaan. Gerbang kampus Universitas Sebelas Maret (UNS).

REPUBLIKA.CO.ID,SOLO − Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo resmi mengukuhkan lima profesor baru secara bersamaan pada Sidang Terbuka Senat Akademik, Selasa (14/9).

Kelima Guru Besar tersebut berasal dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Tenik (FT), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dan dua lainnya berasal dari Fakultas Pertanian (FP). Mereka yakni Triyanto, Budi Kristiawan, Fitria Rahmawati, Mohamad Harisudin, dan Sutrisno Hadi Purnomo.

Acara pengukuhan Gubes digelar secara luring di Gedung Auditorium Fakultas Kedokteran (FK) UNS dengan menerapkan aturan protokol kesehatan yang ketat, juga secara daring. Pembukaan Sidang Terbuka Senat Akademik dengan acara Pengukuhan Guru Besar dipimpin oleh Adi Sulistiyono selaku Ketua Senat Akademik.

Sementara Rektor UNS, Jamal Wiwoho, turut hadir memimpin acara pengukuhan kelima Gubes UNS.

"Pada hari ini 14 September 2021, kami kukuhkan Prof Triyanto sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Pendidikan Kewarganegaraan pada FKIP, Prof Mohamad Harisudin sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Managemen Strategi Agribisnis pada FT, Prof Sutrisno Hadi Purnomo sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Sosial Ekonomi Peternakan pada FP, Prof Budi Kristiawan sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Teknik Mesin pada FT, dan Prof Fitria Rahmawati sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Kimia pada FMIPA," kata Jamal seperti tertulis dalam siaran pers yang diterima Republika, Selasa (14/9).

Dari kelima Guru Besar yang dikukuhkan tersebut nama Triyanto menarik perhatian sejumlah kalangan karena menjadi Guru Besar termuda di FKIP UNS. Triyanto resmi dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Pendidikan Kewarganegaraan di usia 38 tahun. Dalam pidato inagurasinya, Triyanto menyampaikan tentang Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Pendidikan Kesadaran Hukum bagi Negara.

Capaian yang diraih oleh Triyanto dan keempat Guru Besar lainnya memperoleh apresiasi dari Ketua Dewan professor. "Saya merasa bangga dan senang karena Guru Besar yang dikukuhkan pada siang hari ini relatif masih muda-muda semua," ujar Suranto selaku Ketua Dewan Profesor.

Dengan dikukuhkannya kelima Guru Besar tersebut, maka jumlah Guru Besar UNS saat ini sebanyak 240 dimana 131 di antaranya merupakan Guru Besar aktif.

Rektor UNS berpesan agar kelima Guru Besar tersebut senantiasa mengembangkan bidang ilmunya melalui kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Rektor juga berpesan kepada kelima Guru Besar agar capaian ini tidak menjadi terminal karier, melainkan menjadi gerbang pembuka bagi kelima Guru Besar agar terus berkarya melalui riset yang terpublikasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement