Wisatawan Gunakan Jasa Joki Masuk Wisata, Ini Kata Bupati

Red: Bilal Ramadhan

Warga melakukan aktivitas di kawasan Pantai Baron, Gunungkidul, DI Yogyakarta, Selasa (24/8/2021). Pemerintah Kabupaten Gunungkidul memperpanjang penutupan seluruh destinasi wisata sesuai dengan Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 27 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 hingga 30 Agustus 2021.
Warga melakukan aktivitas di kawasan Pantai Baron, Gunungkidul, DI Yogyakarta, Selasa (24/8/2021). Pemerintah Kabupaten Gunungkidul memperpanjang penutupan seluruh destinasi wisata sesuai dengan Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 27 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 hingga 30 Agustus 2021. | Foto: ANTARA/Hendra Nurdiyansyah

REPUBLIKA.CO.ID, GUNUNG KIDUL -- Bupati Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sunaryanta memaklumi tindakan wisatawan yang memanfaatkan jasa joki untuk bisa lolos masuk ke objek wisata setempat.

Sunaryanta mengatakan bahwa wisatawan menggunakan berbagai cara agar bisa masuk ke objek wisata, apalagi jalur alternatif menuju objek wisata pantai di Gunung Kidul sangat banyak dan tidak bisa terpantau petugas yang jumlahnya terbatas.

"Mereka tentu berusaha mencari cara agar tetap bisa masuk, tidak bisa 100 persen dicegah," kata Suraryanta.

Ia mengatakan saat ini yang perlu dimaksimalkan adalah penjagaan terhadap jalur-jalur wisata, mengingat seluruh destinasi wisata di Gunung Kidul masih ditutup.

"Kami berharap masyarakat tetap bersabar untuk berwisata. Kami optimistis tidak lama lagi uji coba wisata di Gunung Kidul akan dilakukan. Namun kami masih menunggu keputusan resmi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI," katanya.

Sunaryanta mengakui Pemkab Gunung Kidul belum mendapat informasi tentang rencana atau wacana uji coba pembukaan objek wisata di Gunung Kidul. Meski begitu, ia memastikan persiapan tetap terus dilakukan, termasuk melakukan studi di sejumlah destinasi wisata lain yang sudah diperkenankan buka kembali dengan status uji coba terbatas.

"Kami berharap masyarakat mematuhi protokol kesehatan dan dengan kesadaran sendiri mengikuti vaksinasi, sehingga Covid-19 dapat ditekan. Kami berharap semua sektor bisa dibuka maksimal, termasuk objek wisata," katanya.

Kasat Lantas Polres Gunung Kidul AKP Martinus Sakti mengatakan saat akhir pekan lalu, petugas menjaring sejumlah joki yang memandu wisatawan melewati jalur bebas penjagaan. Berkat mereka, ratusan wisatawan berhasil lolos ke kawasan pantai.

"Joki ini mengaku hanya mengutip bayaran seikhlasnya dari wisatawan," kata Martinus.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Warga Cianjur yang Lumpuh Usai Divaksin Berangsur Sembuh

Wakil Wali Kota Madiun Positif Terinfeksi Covid-19

4 Penyebab Orang Sudah Divaksinasi Masih Bisa Kena Covid-19

99,47 Persen Pelajar di Jaktim Wilayah 1 Telah Divaksinasi

DTW Tanah Lot-Bali Catat Kunjungan Wisatawan Domestik Naik

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark