29 Ribu Peserta CPNS Jalani Ujian SKD di UNS

Rep: Binti Sholikah/ Red: Muhammad Fakhruddin

29 Ribu Peserta CPNS Jalani Ujian SKD di UNS [ilustrasi]
29 Ribu Peserta CPNS Jalani Ujian SKD di UNS [ilustrasi] | Foto: Wihdan Hidayat / Republika

REPUBLIKA.CO.ID,SOLO -- Sebanyak 29 ribu peserta Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) menjalani ujian seleksi kompetensi dasar (SKD) di Universitas Sebelas Maret (UNS) mulai 15 September-17 Oktober mendatang. Mereka merupakan pendaftar CASN 2021 di delapan kota/kabupaten, yakni Solo, Karanganyar, Blora, Grobogan, Kudus, Jepara, Rembang, dan Pati.

Sebanyak 29.225 pendaftar CASN yang terdiri dari 28.090 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan 1.135 Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (CPPPK) akan menjalani ujian SKD di Auditorium UNS, Solo, Jawa Tengah. Rinciannya, 6.232 pendaftar Solo, 2.326 pendaftar Karanganyar, 2.098 pendaftar Blora, 4.378 pendaftar Grobogan, 1.215 pendaftar Kudus, 4.232 pendaftar Jepara, 3.281 pendaftar Rembang, dan 5.463 pendaftar Pati. Pelaksanaan ujian SKD digelar dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Solo, Nur Hariyani, mewakili delapan kabupaten/kota yang melaksanakan ujian SKD di UNS mengucapkan terima kasih kepada Rektor UNS dan jajaran yang telah memfasilitasi tempat SKD. Bahkan SKB yang rencananya digelar November-Desember 2021 juga akan dilaksanakan di UNS.

"Kerja sama tahun ini merupakan yang kedua kalinya, karena sebelumnya pelaksnaan ujian CASN tahun 2020, UNS juga sudah berkenan menjalin kerja sama dengan memfasilitasi delapan kabupaten/kota untuk pelaksanaan ujian SKD maupun SKB," kata Nur Hariyani dalam sabutan acara pembukaan pelaksanaan tes CASN di Auditorium GPH Haryo Mataram UNS, Solo, Jawa Tengah, Rabu (15/9).

Dia memberikan apresiasi kepada UNS karena pelaksanaan ujian bisa diselenggarakan dengan baik dan sukses meskipun di tengah pandemi Covid-19. Menurutnya, pelaksanaan ujian seleksi CASN di UNS tahun ini akan butuh waktu lama dibandingkan tahun sebelumnya. Sebab, dulu sehari bisa empat sesi sekarang hanya tiga sesi lantaran pandemi Covid-19.

Rektor UNS, Jamal Wiwoho, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah yang telah mempercayakan kembali lokasi ujian calon ASN di UNS. "Tahun lalu, UNS juga digunakan untuk tempat seleksi calon PNS dan PPPK dan dinyatakan sebagai tempat paling baik," ucap Jamal.

Rektor UNS menilai, proses rekrutmen calon ASN saat ini sudah mengalami kemajuan luar biasa. Sejak pendaftaran, ujian, sampai pengumuman dilakukan secara daring dan realtime dengan keterbukaan dan objektivitas sangat tinggi. "Era perubahan sekarang begitu cepat, untuk melahirkan ASN berkualitas sangat ditentukan proses rekrutmen yang baik, transparan dan akuntabel," tandasnya.

Sementara itu, Kepala BKN Kantor Regional 1 Yogyakarta diwakili oleh Kepala Sub Koordinator Sub koordinator bagian Pemanfaatan Teknologi Informasi, Stephanus Firmanto Tawanggono, juga menyampaikan apresiasi kepada UNS yang telah menyiapkan tempat pelaksanaan tes CPNS dan CPPPK.

"Pelaksanaan seleksi CPNS dan CPPPK ini transparan. Peserta bisa langsung melihat nilai setelah selesai mengerjakan tes. Sehingga bisa langsung mengetahui lolos passing grade atau tidak. Dan saya berpesan jangan percaya dengan oknum yang menjanjikan lolos PNS," ujar Stephanus.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...

Terkait


Pelamar CPNS Pemda Provinsi Jabar Capai 27 Ribu Orang

27.000 Orang Berebut Kursi CPNS di Pemprov Jabar

Sebanyak 24.700 Peserta Ikuti Seleksi CPNS Yogyakarta

Pemerintah Atur Batas Maksimal Belanja Pegawai

Kementerian PANRB Imbau Pelamar CASN Waspadai Penipuan

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark