Kalurahan di Sleman Diminta Jemput Bola Vaksinasi Lansia

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Muhammad Fakhruddin

Kalurahan di Sleman Diminta Jemput Bola Vaksinasi Lansia (ilustrasi).
Kalurahan di Sleman Diminta Jemput Bola Vaksinasi Lansia (ilustrasi). | Foto: Antara/M Ibnu Chazar

REPUBLIKA.CO.ID,SLEMAN -- Bupati Sleman, Kustini Purnomo, meminta pelaksanaan vaksinasi dilakukan dari pintu ke pintu untuk meningkatkan capaian vaksinasi untuk lansia. Ia meminta puskesmas dan kalurahan jemput bola bagi warga lansia yang belum mendapat vaksin.

Ia mengatakan, sasaran vaksin lansia yang ada di Sleman sebanyak 159.395 orang. Dari jumlah itu yang sudah tervaksin dosis pertama 68.776 orang, sedangkan untuk pencapaian vaksin lansia dosis kedua baru 49.824 orang atau sekitar 39,8 persen.

"Alhamdulilah capaian vaksin kita tinggi, tapi untuk lansia baru di 55,1 persen untuk dosis pertama. Saya harap ini bisa ditindaklanjuti dengan vaksinasi door to door," kata Kustini saat meninjau vaksinasi di Kalurahan Sidomoyo, Rabu (15/9).

Kustini menilai, pelaksanaan vaksinasi door to door merupakan bentuk pelayanan kepada masyarakat, terutama lansia. Apalagi, banyak lansia yang tidak memahami teknologi informasi, sehingga dapat berpotensi menghambat percepatan vaksinasi.

Ia mengingatkan, kelompok masyarakat yang berusia lanjut merupakan yang paling rawan jika terjangkit virus corona. Untuk itu, Kustini merasa, kita harus lebih aktif turun ke bawah dalam rangka mendata lansia yang belum terjangkau vaksin.

Untuk itu, ia meminta puskesmas dan pemerintah kalurahan untuk berperan aktif mendata kelompok lansia yang belum divaksin. Sehingga, pelaksanaan vaksinasi terhadap usia di atas 60 tahun bisa dilanjutkan dengan sistem pintu ke pintu.

"Kita minta semua puskesmas dan kalurahan aktif. Data semua lansia yang belum divaksin dan lakukan vaksinasi door to door. Itu langkah paling efektif untuk percepatan vaksinasi di Sleman," ujar Kustini. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Daop 3 Cirebon Salurkan Bantuan Paket Tanggap Covid-19

Cirebon Genjot Vaksinasi di Kalangan Pelajar

Wapres Minta Pariwisata Utamakan Prokes dan Vaksinasi

Wapres Ungkap Tiga Perubahan Tren Pariwisata Pascapandemi

OJK: Pembayaran Klaim Asuransi Covid-19 Capai Rp 3,74 T

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark