Pemkab Kulon Progo Jamin Stok Pupuk Subsidi Aman

Red: Muhammad Fakhruddin

Pemkab Kulon Progo Jamin Stok Pupuk Subsidi Aman (ilustrasi).
Pemkab Kulon Progo Jamin Stok Pupuk Subsidi Aman (ilustrasi). | Foto: ANTARA/Nova Wahyudi

REPUBLIKA.CO.ID,KULON PROGO -- Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakara, menjamin ketersediaan pupuk subsidi untuk kebutuhan musim tanam pertama pada September hingga Desember 2021, dalam kondisi aman.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kulon Progo Muh Aris Nugraha mengatakan berdasarkan hasil inspeksi mendadak (sidak) ke gudang pupuk PT Petrokimia Gresik yang berada di Desa Banguncipto, Kecamatan Sentolo, ketersediaan pupuk aman.

"Setelah melihat sendiri kondisi pupuk di gudang PT Petrokimia ini, kita pastikan ketersediaan stok pupuk sangat aman," kata Aris, Rabu (15/9).

Ia mengatakan dirinya melakukan sidak ke gudang pupuk untuk memantau ketersediaan stok pupuk subsidi guna mengantisipasi kelangkaan maupun kekurangan alokasi kebutuhan para petani di Kabupaten Kulon Progo memasuki musim tanam padi golongan pertama dan memastikan ketersediaan pupuk aman.

"Pupuk harus terus dilakukan pengecekan sehingga ketersediaan pupuk, kesiapan pupuk dan ketepatan distribusi serta penerima subsidi pupuk dapat terjaga," katanya.

Selanjutnya, yang perlu dikawal adalah bagaimana pendistribusian pupuk sampai ke petani. Karena ini adalah pekerjaan multi pemangku kepentingan, semua pihak yang terkait penyaluran pupuk bersubsidi menggunakan kartu tani untuk bisa bahu membahu mensukseskannya.

Untuk sistem penyaluran pupuk, sejak akhir 2020, Pemkab Kulon Progo sudah menganut sistem penyaluran dengan menggunakan kartu tani, di mana kuota dan penebusan sudah terekam pada kartu tani.

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Rumah Zakat dan UPZ Permatabank Syariah Bantu Pelaku Usaha

Mentan SYL Pastikan Stok dan Tingkatkan Produksi Pupuk

Kurangi Pencemaran Citarum, Jabar Bina Peternak Buat Pupuk

PMM UMM Kenalkan Pupuk PSB, Alternatif Pengganti Pupuk Kimia

Pupuk Indonesia Jadi Role Model Integrasi Holding

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark