Puncak Musim Hujan di DIY Diperkirakan Januari 2022 

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Ratna Puspita

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) DIY mengatakan, puncak musim hujan diprediksi terjadi pada Januari 2022. (Foto: Ilustrasi hujan)
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) DIY mengatakan, puncak musim hujan diprediksi terjadi pada Januari 2022. (Foto: Ilustrasi hujan) | Foto: republika

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) DIY mengatakan, puncak musim hujan diprediksi terjadi pada Januari 2022. Sedangkan, DIY diprediksi baru memasuki awal musim hujan pada Oktober 2021. 

"Puncak musim hujan diprediksikan seluruh wilayah DIY pada Januari 2022," kata Kepala Kelompok Data dan Informasi Stasiun Klimatologi Sleman, BMKG DIY, Etik Setyaningrum saat dikonfirmasi Republika melalui pesan tertulis, Kamis (16/9). 

Etik menuturkan, musim hujan di DIY diperkirakan terjadi di wilayah Kabupaten Sleman, yakni di sekitar puncak Gunung Merapi, pada Oktober dasarian I. Sedangkan, pada Oktober dasarian II, terjadi hujan di Sleman bagian utara dan Barat, serta Kabupaten Kulon Progo di bagian utara dan barat. 

Pada Oktober dasarian III, awal musim hujan diprediksi terjadi di Sleman bagian timur, Kota Yogyakarta, Kulon Progo bagian tengah dan selatan, Kabupaten Bantul dan Kabupaten Gunungkidul. "Musim hujan di DIY diprediksi umumnya masuk di Oktober dasarian (sepuluh hari) II sampai dasarian III. Kecuali di wilayah puncak Merapi yakni (awal musim hujan terjadi) pada Oktober dasarian I," ujarnya. 

Baca Juga

Etik mengatakan, BMKG juga memprediksi bahwa DIY akan memasuki musim pancaroba atau peralihan pada akhir September ini. Karena itu, masyarakat DIY pun diminta untuk mewaspadai musim pancaroba. 

"(Pancaroba) Biasanya ditunjukkan dengan hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang. Cuaca ekstrem ini umumnya muncul di siang hingga sore menjelang malam hari," jelas Etik. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Para Camat di Garut Diminta Siaga Hadapi Bencana

BMKG Beri Penjelasan tentang Hujan Deras di DIY

Masuk Pancaroba, Ancaman Banjir Belum Seluruhnya Teratasi

DPR: Lindungi Rakyat dari Potensi Bencana Akibat Cuaca

BPBD: Jabar Harus Bersiap Hadapi La Nina

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark