Bupati Resmikan Irigasi Air Tanah Dangkal di Prambanan

Red: Ratna Puspita

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo.
Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo. | Foto: @KustiniKSP

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kustini Sri Purnomo meresmikan dua pembangunan irigasi air tanah dangkal di Dusun Cepit Kelurahan Bokoharjo, Kapanewon (Kecamatan) Prambanan, Kamis (16/9).  Kustini menyampaikan peresmian prasarana saluran irigasi air tersebut untuk peningkatan produktivitas tanaman pangan dan produktivitas peternakan.

"Saya berharap dengan saluran irigasi air tanah dangkal yang lebih memadai ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas tanaman pangan masyarakat Cepit," katanya.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman Suparmono mengatakan, fasilitas pengairan yang dibiayai dari Dana Alokasi Khusus (DAK) ini merupakan bangunan sumur dengan kedalaman 30 meter bagi dua kelompok tani.

"Pemkab Sleman memfasilitasi dua unit irigasi air tanah dangkal lengkap dengan mesin pompa dan bak penampung airnya kepada kelompok tani Purwotani, Purwomartani, Bimomartani, Ngemplak dan kelompok tani Tani maju Cepit Bokoharjo, Prambanan," katanya.

Baca Juga

Selain meresmikan irigasi air tanah dangkal, dalam kesempatan tersebut juga Kustini  mendistribusikan alat dan mesin pertanian serta pakan untuk ternak sapi bunting secara simbolis. Suparmono menjelaskan bahwa bantuan alat mesin pertanian yang diberikan melalui APBD dan APBN menyasar kepada petani membutuhkan (kurang mampu) untuk meringankan pekerjaan baik dalam pengolahan lahan dan pemanenan.

"Bantuan alat mesin pertanian yang diberikan yaitu sembilan unit traktor roda dua untuk sembilan kelompok tani, tujuh unit pompa air bagi tujuh kelompok tani, dan saru unit combine harvester kecil yang diberikan kepada Gapoktan Sendangtirto Berbah," katanya.

Suparmono mengatakan, dalam kegiatan tersebut juga Pemkab Sleman menyiapkan 10 ton konsentrat (pakan ternak) untuk 100 ekor sapi bunting yang berada di wilayah Kapanewon Prambanan, Turi, Minggir dan Seyegan.

 

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 

Terkait


Antisipasi Musim Hujan, BPBD Yogyakarta Uji Coba EWS 

Uji Coba Pembukaan Kembali Obyek Wisata Gembira Loka

Baznas Banyumas Sediakan Rumah Singgah di Yogyakarta

Jumlah Warga yang Isolasi Mandiri di Sleman Turun

Destinasi Wisata DIY Diminta Ajukan QR Code Peduli Lindungi

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark