Senin 20 Sep 2021 16:41 WIB

Dishub DIY Siapkan Check Point untuk Angkutan Darat

Saat ini di DIY ada tiga destinasi yang mengikuti uji coba pembukaan.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Muhammad Fakhruddin
Dishub DIY Siapkan Check Point untuk Angkutan Darat (ilustrasi).
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Dishub DIY Siapkan Check Point untuk Angkutan Darat (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA -- Dinas Perhubungan (Dishub) DIY menyiapkan check point pada angkutan darat yang masuk ke DIY. Kepala Dishub DIY, Ni Made Dwipanti Indrayanti mengatakan, check point akan dilakukan di titik-titik simpul transportasi yang ada di DIY seperti di terminal-terminal.

"Untuk check point sebenarnya kita akan mengaturnya di titik simpul transportasi," kata Made kepada Republika melalui pesan tertulisnya, Senin (20/9).

Check poin terhadap angkutan darat ini juga diminta menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji meminta agar di masing-masing titik simpul transportasi juga dipasang QR Code yang terintegrasi dengan PeduliLindungi.

"Prinsipnya kita gunakan PeduliLindungi, di dalam PeduliLindungi kan ada vaksinasi masing-masing, checkpoint pasang QR Code-nya saja," kata Aji.

Pemda DIY sendiri juga sudah mulai menerapkan sistem genap ganjil bagi wisatawan yang masuk ke destinasi wisata. Saat ini di DIY ada tiga destinasi yang mengikuti uji coba pembukaan.

Ketentuan genap ganjil ini diikuti dengan patroli dan pemantauan yang dilakukan di beberapa titik yang menuju lokasi destinasi wisata. Patroli dan pemantauan ini dilakukan Dishub DIY bersama dengan instansi terkait lainnya seperti kepolisian.

Menurut Aji, diterapkannya sistem ini agar wisatawan tidak menumpuk di satu destinasi wisata saja. Sehingga, "Bagus juga agar wisatawan atau pendatang bisa merata di destinasi yang sudah diizinkan (untuk uji coba). Kalau ada kesulitan teknis, mungkin bisa dicari jalan lain supaya kita tidak kebanjiran wisatawan di satu tempat," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement