Peringati Haornas, UNJ Open 2021 Digelar

Red: Fernan Rahadi

Kampus Universitas Negeri Jakarta
Kampus Universitas Negeri Jakarta | Foto: kampusunj.com

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Edura Sport dibawah naungan Edura UNJ menyelenggarakan UNJ Open 2021. Penyelenggaraan ini mempunyai beberapa tujuan di antaranya memperingati Dies Natalis UNJ, memperingati 17 Agustus, serta memperingati Haornas.

Kegiatan UNJ Open 2021 diselenggarakan di GOR UNJ kampus B yang secara sarana dan prasarana memiliki standar berkelas internasional. Dalam kesempatan ini, Rektor UNJ, Prof Komarudin menyampaikan ada beberapa tujuan diadakannya kegiatan ini, salah satunya memperingati Haornas.

"Peringatan Haornas menjadi sebuah kewajiban kita (UNJ) karena ditunjuk langsung oleh pak Menteri Kemenpora menjadi pengembangan sport science. Sebab UNJ memiliki GOR yang berstandar internasional dengan berbagai fasilitas olahraga dan laboratorium untuk pengembangan sport science," kata Komarudin dalam siaran persnya, Selasa (21/9).

Keberadaan GOR UNJ ini, kata dia, juga sudah diakui oleh para dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan dari berbagai perguruan tinggi yang sudah berkunjung sendiri menyaksikan berbagai fasilitas yang ada di GOR UNJ. Tujuan kedua dari UNJ Open 2021 ini ialah silaturahmi antar insan olahraga yang bukan hanya untuk insan fakultas ilmu olahraga, tapi insan olahraga.  "Dan tujuan ketiga ialah menggairahkan olahraga di masa pandemi saat ini," jelas Prof. Komarudin.

Ketua Edura UNJ Prof Henry Eryanto merasa bangga dengan keseriusan Rektor UNJ dalam mengupayakan dan mendorong bagi pengembangan dan menciptakan generasi atlet untuk terus berprestasi dalam bidang akademik maupun non-akademik dengan dibentuknya Edura Sport. Selain itu dengan hadirnya Edura Sport diharapkan dapat berkontribusi mengembangkan UNJ ke arah kampus bereputasi kawasan Asia dengan gairah literasi akademik dan serta mendukung kelestarian atlet UNJ bermental juara melalui wadah Edura Sport dan peningkatan sarana dan prasarana kebutuhan atlet UNJ dalam menyongsong masa depan atlet Indonesia menjadi juara dunia.

UNJ Open 2021 dibuka pada Jumat (17/9). Adapun pertandingan digelar pada 18-19 September 2021. Ketua Edura Sport Endang Darajat, menyampaikan laporannya, bahwa dalam UNJ Open 2021 ini mempertandingkan tiga nomor pertandingan, antara lain pertandingan Nomor Eksekutif, yang akan diikuti oleh pimpinan, pertandingan Nomor Prestasi, yang diikuti oleh Dosen dan Tenaga Pendidik, serta pertandingan Nomor Bebas. Peserta UNJ Open 2021 tidak hanya dari UNJ saja, namun dari berbagai atlet bulu tangkis di Indonesia, komunitas bulu tangkis, dan berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Sementara untuk penyiaran pertandingan UNJ Open 2021 disiarkan secara eksklusif di channel youtube Edura TV.

Penyelenggaraan UNJ Open 2021 ini menerapkan protokol kesehatan yang ketat dengan diawasi oleh tim dokter. Kegiatan UNJ Open 2021 membatasi penonton hanya dari lingkungan sivitas akademika UNJ dan tamu undangan yang terdiri dari atlet dan pihak terkait. Selain itu, penyelenggaraan kegiatan ini sudah berkomunikasi dengan beberapa lembaga kesehatan agar kegiatan ini tetap terlaksana dengan aman sesuai dengan protokol kesehatan. 

Untuk kategori Ganda Eksekutif, Peringkat 1 diraih oleh Prof Komarudin dan Fajar Arie mangun. dari Universitas Negeri Jakarta. Peringkat 2 diraih oleh, Prof Rudi Priyadi dan Yuldan Faturahman dari Universitas Siliwangi, dan Peringkat 3 diraih oleh, Ichsan Ali dan Suarlin dari Universitas Negeri Makassar.

Untuk kategori Ganda Prestasi, Peringkat 1 diraih oleh, Khaeroni dan Fajar Arie mangun, dari Universitas Negeri Jakarta, peringkat 2 diraih oleh, Donny Wira Yudha Kusuma dan Agus Raharjo dari Universitas Negeri Semarang, dan peringkat 3 diraih oleh Uded Darusalam dan Arpani dari Universitas Negeri Jakarta.

Untuk kategori Ganda Dewasa, Peringkat 1 diraih oleh, Hardianto dan Muhammad Alfian Sangaji dari PB HORE, peringkat 2 diraih oleh Ade Yusuf dan Alfian Eko dari PB HORE, dan peringkat 3 diraih oleh, Juan Elgiffani dan Reza Dwicahya Purnama dari Universitas Negeri Jakarta.

Prof Komarudin menceritakan pada pemberian penghargaan medali emas. "Saya merasa senang bisa menjuarai pertandingan bulu tangkis, apalagi event ini tingkat nasional, dan semoga kegiatan UNJ Open 2021 ini mempererat tali silaturahmi UNJ dengan berbagai pihak," katanya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Peringati Dies Natalis, UNJ Open 2021 Digelar

UNJ Terima Hibah Berupa Truk 

UNJ Perkuat Tim Reformasi Birokrasi dan Zona Integritas

AQAS Selenggarakan Visitasi Akreditasi Internasional di UNJ

Pascasarjana UNJ Gelar Kuliah Umum Internasional

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark