Rabu 22 Sep 2021 16:26 WIB

Kereta Lokal di Daop 9 Jember Beroperasi Kembali

Ada 5 perjalanan KA lokal di Daop 9 Jember.

Suasana di Stasiun Jember, Jawa Timur.
Foto: Antara
Suasana di Stasiun Jember, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, JEMBER -- Kereta Api (KA) lokal di wilayah PT KAI Daerah Operasi 9 Jember, Jawa Timur, yakni KA Pandanwangi rute Jember-Ketapang dan KA komuter rute Pasuruan-Surabaya Kota beroperasi kembali pada Rabu (22/9). Ada lima kali perjalanan KA lokal yakni KA Pandanwangi dua kali pp dan KA Kommuter tiga kali pp dalam sehari.

"Kami melakukan penyesuaian terhadap pelayanan kereta api di tengah-tengah pandemi COVID-19, sehingga mengoperasikan kembali KA lokal," kata Vice President PT KAI Daop 9 Jember Broer Rizal.

Baca Juga

Penumpang yang menggunakan KA lokal tentunya harus memenuhi syarat dan ketentuan sesuai dengan Surat Edaran Kemenhub Nomor 69 Tahun 2021. Penumpang harus dalam kondisi sehat (tidak menderita flu, pilek, batuk, hilang daya penciuman, diare, dan demam), dan suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius.

Penumpang diwajibkan untuk menggunakan masker kain 3 lapis atau masker medis yang menutupi hidung dan mulut. Penumpang juga tidak diperkenankan untuk berbicara satu arah maupun dua arah melalui telepon ataupun secara langsung sepanjang perjalanan.

Penumpang juga tidak diperkenankan untuk makan dan minum sepanjang perjalanan bagi mereka yang melakukan perjalanan kurang dari 2 jam. Pengecualian berlaku bagi individu yang wajib mengkonsumsi obat dalam rangka pengobatan yang jika tidak dilakukan dapat membahayakan keselamatan dan kesehatan orang tersebut.

"Adapun untuk syarat naik KA Lokal mulai 14 September 2021, pelanggan diharuskan sudah divaksin minimal dosis pertama, sedangkan untuk dokumen STRP, surat tugas, atau surat keterangan lainnya sudah tidak lagi menjadi syarat untuk naik KA lokal," ujarnya.

Broer mengatakan bukti vaksinasi COVID-19 tersebut akan dicek oleh petugas melalui layar komputer petugas boarding sebelum naik kereta dan data vaksinasi akan otomatis muncul pada layar komputer petugas boarding."Untuk penumpang dengan usia di bawah 12 tahun masih tidak diperkenankan melakukan perjalanan dengan menggunakan kereta api baik kereta lokal maupun kereta jarak jauh," ujarnya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement