Presiden Jokowi Ajak Masyarakat Ikut Lestarikan Penyu

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas tukik di Pantai Kemiren, Desa Griya Tegalsari, Kelurahan Tegal Kamulyan,  Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah (23/9/2021).
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas tukik di Pantai Kemiren, Desa Griya Tegalsari, Kelurahan Tegal Kamulyan, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah (23/9/2021). | Foto: Antara/Setpres-Agus Suparto

REPUBLIKA.CO.ID, CILACAP -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyeru masyarakat untuk ikut melestarikan penyu, yang populasinya kian menurun. Pada acara pelepasan 1.500 tukik lekang dan tukik hijau di Pantai Kemiren, Desa Griya Tegalsari, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Kamis (23/9).

Dia menyebut, pentingnya partisipasi masyarakat dalam upaya pelestarian penyu. "Saya mengharapkan dengan kegiatan ini ada kesadaran, ada kepedulian, ada partisipasi tadi dari masyarakat untuk menjaga dan melestarikan penyu agar penyu semakin banyak," kata Jokowi dalam rekaman video yang disiarkan di saluranYouTube Sekretariat Presiden, Kamis.

Jokowi mengatakan, populasi penyu kian menurun. Program pelepasan tukik secara masif di berbagai bagian wilayah Tanah Air diharapkan bisa memulihkan populasi penyu. "Program pelepasan tukik penyu ini tidak hanya akan dilakukan di Cilacap, tetapi akan kita lakukan secara masif di seluruh di pantai-pantai di seluruh wilayah Tanah Air," katanya.

Jokowi melakukan pelepasan tukik ke laut didampingi oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Mahfud dan Mendagri Bahas Simulasi Tanggal Pemilu 2024

Jokowi Lepas 1.500 Tukik di Cilacap

Jokowi Singgung Soal Ketimpangan Vaksin di Pidato PBB

Presiden Naik Perahu Seberangi Sungai Sapa Warga Cilacap

Presiden Jokowi Gaungkan Harapan di Sidang PBB

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark