Ahad 26 Sep 2021 08:10 WIB

FOZ Jatim Resmikan Mushala Terdampak Gempa Lumajang

Pembangunan dua mushala itu menghabiskan dana Rp 105 juta lebih.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Fernan Rahadi
BMH dan FoZ Jatim bergabung  dalam program Sinergi Kebaikan Quran Hingga ke Pelosok Negeri
Foto: Dok BMH
BMH dan FoZ Jatim bergabung dalam program Sinergi Kebaikan Quran Hingga ke Pelosok Negeri

REPUBLIKA.CO.ID, LUMAJANG -- Forum Zakat atau FOZ Jawa Timur dan Bupati Lumajang, Sabtu (25/9), meresmikan dua bangunan tempat ibadah kepada warga dua desa di Lumajang, Jawa Timur yang direnovasi total karena gempa pada April lalu. Dua unit bangunan itu adalah Mushala Darussalam di Desa Kaliuling dan Mushala Amanah FOZ di Desa Kalirejo, Kecamatan Tempursari. 

Pembangunan dua mushala itu menghabiskan dana Rp 105 juta lebih, yang diperoleh dari donasi masyarakat yang dihimpun 24 organisasi lembaga pengelola zakat anggota FOZ Jatim. 

Ketua FOZ Jatim Kholaf Hibatullah mengatakan, pembangunan dua mushala itu merupakan hasil keroyokan bersama anggota FOZ yang menghimpun donasi dari masyarakat pasca gempa yang terjadi pada April lalu. "Ini bagian dari sinergi kami dalam mendukung pemulihan pasca gempa, selain bantuan tanggap darurat saat terjadi bencana kemarin," Kata Kholaf. 

Kholaf menjelaskan, sebelum dibangun seperti sekarang, kondisi dua mushala tersebut rusak 85 persen akibat goncangan gempa. Sehingga kondisinya hampir rata dengan tanah. 

Ke 24 lembaga amil zakat yang bersinergi itu antara lain Sahabat Mustahil, Laz Sidogiri, Taman Zakat, Saku Yatim, LMI, Lazismu, Nurul Hayat, BMH, Yatim Mandiri dan Lazisnu. Selain itu, juga ada Baznas Lumajang, YDSF, Bina Mulia, Dompet Quran, Rumah Zakat, Laz Al Azhar, Laznas Dewan Da'wah, Dompet Dhuafa, Laz DAU juga Laz Nurul Fikri serta beberapa lembaga lainnya. 

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq saat meresmikan bantuan itu mengatakan agar mushala dimanfaatkan dan diramaikan dengan kegiatan bersama warga. 

"Terima kasih FOZ Jatim yang telah menginisiasi bantuan ini dan kepedulian bersama untuk membantu warga terdampak gempa. Ini sinergi yang luar biasa, " Kata Thoriqul Haq. 

Pada kesempatan itu juga diserahkan 400 paket sembako untuk masyarakat dhuafa dan santunan anak yatim. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement