Selasa 28 Sep 2021 22:51 WIB

Pemkab Batang Minta Warga Kibarkan Bendera Setengah Tiang

Pengibaran bendera Merah Putih setengah tiang bagian yang perlu disampaikan.

Pemkab Batang Minta Warga Kibarkan Bendera Setengah Tiang (ilustrasi).
Foto: Antara/Zabur Karuru
Pemkab Batang Minta Warga Kibarkan Bendera Setengah Tiang (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,BATANG -- Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, meminta masyarakat mengibarkan bendera Merah Putih setengah tiang pada 30 September 2021 dan satu tiang penuh pada 1 Oktober 2021 sebagai upaya memperingati Hari Kesaktian Pancasila.

Bupati Batang Wihaji mengatakan bahwa pemkab segera mengeluarkan surat edaran (SE) terkait dengan pengibaran bendera Merah Putih pada tanggal 30 September 2021 dan 1 Oktober 2021.

"Besok, kami terbitkan surat edaran itu. Ini kamilakukan karena urusan sejarah dan rasa hormat tentang negara, yaitu 1 Oktober merupakan Hari Kesaktian Pancasila dan 30 September merupakan bagian dari peristiwa G-30-S/PKI," katanya, Selasa (28/9).

Penegasan pengibaran bendera Merah Putih setengah tiang pada tanggal 30 September dan satu tiang penuh pada 1 Oktober, kata dia, juga sudah tertuang dalam surat dari Kementerian Pendidikan dan Riset Teknologi yang berisi tentang penyelenggaraan upacara Hari Kesaktian Pancasila.

 

Menurut dia, pengibaran bendera Merah Putih setengah tiang bagian yang perlu disampaikan kepada rakyat Indonesia dengan tidak mengurangi segala perdebatannya karena hal itu adalah bagian dari sejarah.

Wihaji mengatakan bahwa semangat suasana kebatinan masyarakat untuk mengibarkan bendera Merah Putih pada Hari Kesaktian Pancasila memang akan berbeda dengan saat memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI.

"Saat peringatakan HUT Kemerdekaan RI, masyarakat tanpa diperintah oleh Pemerintah akan memasang bendera Merah Putih karena suasana batin rakyat I love country, tentunya pada Hari Kesaktian Pancasila juga bisa demikian," kata Bupati Wihaji.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement