Kamis 30 Sep 2021 10:59 WIB

Lalamove Hadir di Kota Surabaya dengan 5.000 Mitra Pengemudi

UMKM di Surabaya diharapkan mendongkrak pertumbuhan ekonomi dan pemulihan ekonomi.

Armada Lalamove yang beroperasi di Kota Surabaya dan sekitarnya.
Foto: Istimewa
Armada Lalamove yang beroperasi di Kota Surabaya dan sekitarnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan teknologi yang melayani pengiriman instan (on-demand) terkemuka di Indonesia, Lalamove, memperluas layanannya ke Kota Surabaya. Hal itu seiring meningkatnya kebutuhan pengiriman dalam beberapa bulan terakhir, terutama dari usaha mikro,

kecil, dan menengah (UMKM).

Mulai Oktober 2021, sekitar 5.000 mitra pengemudi yang terdaftar saat ini, baik motor, MPV, van dan pick up bak siap melayani masyarakat Surabaya, Sidoarjo, dan sekitarnya yang membutuhkan jasa

pengiriman instan yang dapat diandalkan. Jumlah mitra pengemudi sendiri akan terus bertambah, seiring dengan proses verifikasi yang masih berlangsung hingga saat ini.

 

City Director Lalamove Indonesia, Andi M Rizki, menjelaskan, Kota Surabaya merupakan pusat bisnis terbesar kedua di Indonesia, dan memiliki sebaran UMKM yang juga sangat tinggi. "Hal ini menjadi pertimbangan kami untuk mengoptimalkan ekosistem logistik bisnis lokal dengan layanan pengiriman instan Lalamove," ucap Andi di Jakarta, Kamis (30/9).

Dia menjelaskan, terdapat 40.679 UMKM di Kota Surabaya berdasarkan data pada September 2021.  Suburnya iklim pengembangan UMKM di ibu kota Provinsi Jawa Timur (Jatim) tersebut sangat berguna untuk menjadi motor ekonomi masyarakat. Menurut Andi, UMKM diharapkan mendongkrak

pertumbuhan ekonomi dan pemulihan ekonomi, khususnya di tengah krisis akibat pandemi.

Menurut dia, Lalamove bisa membantu memperkuat bisnis para pengusaha UMKM tersebut. "Seperti di kota-kota lainnya kami mengajak UMKM dan juga business corporate untuk terus berkembang dengan layanan instant delivery. Untuk UMKM, kami menargetkan 30 persen pasar UMKM di Surabaya bisa memanfaatkan layanan kami," kata Andi.

Dia menjelaskan, kesulitan UMKM selama ini adalah lamanya proses pengiriman, proses administrasi yang bertele-tele, keterbatasan dalam ukuran serta volume pengiriman barang, kebutuhan multitujuan pengiriman barang, hingga mahalnya biaya pengiriman. Lalamove hadir menjadi solusi dari permasalahan UMKM dalam kebutuhan pengirimannya.

Melalui semangat empowering local business dan local communities, kata Andi, Lalamove menjadi solusi pengiriman instan dengan armada yang lengkap dan harga hemat. Perluasan layanan juga sejalan dengan visi Lalamove untuk menghadirkan layanan pengiriman yang terjangkau dan lebih cepat kepada masyarakat Indonesia.

"Surabaya menjadi kota ketiga di Indonesia yang memiliki layanan Lalamove di kotanya," kata Andi. Adapun sebelumnya, perusahaan sudah beroperasi di Jabodetabek dan Bandung Raya.

Selain itu, Lalamove sudah bekerja sama dengan Wehelpyou di Surabaya guna penuhi kebutuhan

masyarakat. Kolaborasi itu diharapkan dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan

sehari-hari. "Wehelpyou berkomitmen untuk menyediakan banyak layanan digital yang memudahkan pengguna, tentunya dalam satu aplikasi," kata Founder & CEO Wehelpyou, Muhamad Noor Sutrisno.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement