Youtuber dari Solo Berbagi Cerita Kehidupan di Selandia Baru

Red: Fernan Rahadi

Youtuber Andy Saputra bersama keluarganya di Selandia Baru.
Youtuber Andy Saputra bersama keluarganya di Selandia Baru. | Foto: dokpri

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Vlog atau video blog tentang kehidupan orang-orang Indonesia yang tinggal di luar negeri menjadi salah satu konten menarik dan penuh inspirasi untuk ditonton di platform Youtube. Para penonton seperti diajak berjalan-jalan di negara tersebut, belajar bahasa serta budaya baru, mengagumi keindahan alamnya, dan berbagi banyak cerita luar biasa lainnya. 

Aktivitas tersebut yang juga gemar dilakukan oleh seorang Youtuber bernama Andy Saputra, orang Indonesia asal Solo yang sudah tinggal di Selandia Baru (New Zealand) sejak tahun 2013 hingga saat ini. Melalui platform Youtube dengan nama channel Andy Saputra, Andy ingin membagikan inspirasi, cerita, perjuangan, dan kehidupannya di Selandia Baru bersama keluarganya. 

Andy pun membagikan tips tentang cara mendapatkan resident visa Selandia Baru bagi orang Indonesia, pengalaman sekolah di luar negeri, gaya hidup, dan tantangan selama tinggal di negeri Aotearoa tersebut.

Cerita di mulai dari tahun 2006, Andy bekerja sebagai Technical Director di salah satu perusahaan teknologi di Indonesia. Seiring berjalannya waktu, Andy merasa perkembangan bisnisnya di Indonesia jauh dari ekspektasinya. 

Hingga pada tahun 2013, Andy berpikir untuk pindah ke negara lain seperti Australia, Kanada, Norwegia, atau Selandia Baru. Akhirnya, Andy pun memutuskan untuk mulai mengadu nasib di Selandia Baru karena itu adalah negara yang mempesona, aman, serta dinilai memiliki syarat dan ketentuan yang tidak terlalu rumit bagi orang asing yang ingin menetap di sana. 

Andy menempuh pendidikan jurusan IT selama dua tahun untuk mendapatkan student visa di Selandia Baru. Setelah lulus di akhir tahun 2015, Andy mendapat work visa yang berlaku selama dua tahun. Hanya kurang dari satu tahun tepatnya pada pertengahan tahun 2016, Andy sudah berhasil mendapatkan visa penduduk (resident visa) dikarenakan sudah memiliki pekerjaan tetap. 

Andy juga memberikan tips mudah cara mendapatkan resident visa hanya dengan bekerja kurang dari satu tahun di sana, yaitu dengan mengambil pekerjaan yang sesuai dengan latar belakang pendidikan. Misal lulusan IT, maka harus mendapat jenis pekerjaan IT juga. Andy menambahkan bahwa orang yang ingin bermigrasi ke Selandia Baru harus mendapatkan pekerjaan permanen dan bertahan di sana hingga mendapat resident visa. 

"Tantangan hidup di New Zealand sebagai pendatang adalah awalnya merasa homesick dalam 3-6 bulan pertama, kangen juga makanan Indonesia, terkadang ada keterbatasan bahasa, dan harus adaptasi budaya namun semuanya bisa diimbangi dengan baik. Sementara senangnya hidup di NZ adalah akses kesehatan dan pendidikan gratis, udara yang segar dan minim polusi, serta pemegang visa resident akan mendapat subsidi biaya hidup bila kehilangan pekerjaan atau menganggur walaupun tidak ada yang mau begitu," ujar Andy Saputra.

Awalnya, Andy yang sudah memiliki akun Youtube di tahun 2010 tersebyt suka membagikan konten-konten terkait bidang otomotif, gaming, dan konten random lainnya. Setelah menikah dan memiliki anak dengan sang istri Thirza Saputra di tahun 2017, Andy dan istri mulai merekam momen kebersamaan mereka dan membagikan seperti apa kehidupannya di Selandia Baru untuk keluarga, teman-teman, hingga mendapat banyak dukungan dari orang Indonesia lainnya yang ternyata tertarik dengan Selandia Baru.

Salah satu konten video yang mengharukan adalah saat Andy Saputra membagikan momen kelahiran anak keduanya pada Desember 2020 menggunakan metode water birth (proses persalinan di dalam air) untuk mengurangi rasa sakit saat persalinan. Andy juga memberikan gambaran bagaimana fasilitas kesehatan di New Zealand lengkap dengan pemandangan indah di sekitar rumah sakit tersebut. "Sebuah pengalaman berharga menemani proses kelahiran Jensen anak kami, walaupun tanpa ditemani sanak keluarga kami karena awal pandemi Covid-19", dikutip dari video YouTube Andy Saputra berjudul "Water birth in New Zealand: Jensen Joseph Saputra."

Selain itu, keluarga Andy Saputra juga membuat konten series yang merekam aksi lucu dan menggemaskan anak-anaknya: Jayden Saputra sang putra sulung bersama Jensen Saputra sang adik. Menunjukan bagaimana mereka bermain, belajar, mencoba makanan khas Indonesia di NZ, mengenal budaya baru, dan menjelajah berbagai spot menarik yang tak terlupakan di Selandia Baru

Terletak di barat daya Samudera Pasifik, Selandia Baru memang negara yang sangat memesona dan tercatat sebagai salah satu pusat destinasi wisata paling top di dunia. "Memiliki empat musim, summer tidak terlalu panas, di autumn daun berguguran dan terlihat indah di perkotaan, winter yang dingin namun tetap hangat bersama keluarga, dan spring yang sejuk," kata Andy Saputra. 

Selandia Baru juga pernah dinobatkan oleh Global Peace Index tahun 2018 sebagai negara paling aman di dunia. Tidak heran kenapa Andy Saputra, istri, dan kedua anaknya merasa begitu senang hidup di sana.

"Melalui konten YouTube NZ Life Vlog saya, semoga cerita kami bisa memberi inspirasi dan dinikmati oleh masyarakat luas atau penduduk lokal di NZ yang memiliki pasangan orang Indonesia," kata Andy Saputra.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...

Terkait


Selandia Baru Hentikan Kebijakan Memisahkan Anak Berisiko

Populasi Muslim Selandia Baru dari 42 Negara Berbeda

Kriteria Asal Masyarakat Muslim di Selandia Baru

Apakah Penghasilan Youtuber Wajib Dizakati?

Apa Hukum Menjadikan Youtuber Sebagai Profesi?

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark