HUT ke-265, Pemkot Yogya Berencana Deklarasi Tuntas Vaksin

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq

Balai Kota Yogyakarta.
Balai Kota Yogyakarta. | Foto: Yusuf Assidiq.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta terus menggencarkan pelaksanaan vaksinasi, terutama di tingkat kelurahan dan kecamatan. Pada momen Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-265 pada 7 Oktober 2021 nanti, diperkirakan vaksinasi di Kota Yogyakarta sudah selesai dilakukan.

Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, memperkirakan pada pekan pertama Oktober 2021 ini penyuntikan dosis pertama vaksinasi sudah selesai dilakukan. Pasalnya, rata-rata capaian vaksinasi di tingkat kecamatan sudah mencapai sekitar 90 persen dan ada kecamatan yang sudah tuntas vaksin.

"Mudah-mudahan pada peringatan HUT Kota Yogyakarta yang akan datang Pemkot Yogya bisa sekalian mendeklarasikan Kota Yogyakarta sebagai kota yang telah menyelesaikan vaksinasi," kata Heroe yang juga Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta tersebut, Jumat (1/10).

Walaupun capaian vaksinasi sudah cukup tinggi, masyarakat tetap diingatkan untuk menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Hal ini mengingat potensi penyebaran Covid-19 masih besar, walaupun saat ini penambahan kasus harian Covid-19 khususnya di Kota Yogyakarta sudah turun di bawah 20 kasus per hari.

"Saya berpesan agar kita tidak segera puas atas capaian yang kita dapatkan, tetap taati protokol kesehatan Covid-19 dan sukseskan vaksinasi 100 persen per tanggal 7 Oktober 2021. Mudah-mudahan usaha yang kita lakukan dapat mendukung bangkitnya kembali pembangunan di Kota Yogyakarta," kata Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti.

Dalam rangkaian HUT Kota Yogyakarta di 2021 ini, diusung tema 'Tanggap Tanggon Tuwuh'. Haryadi menjelaskan, tanggap berarti kecepatan dalam beradaptasi dengan situasi yang terus berkembang.

Sedangkan, tanggon berarti tangguh dan kokoh walau situasi tidak menentu, namun tetap kuat dan tidak menyerah. Tuwuh, katanya, berarti kemampuan untuk terus hidup dan berkembang terhadap kondisi apapun.

"Pemilihan tema ini dilatarbelakangi oleh kondisi pandemi yang menuntut kita untuk wajib cepat beradaptasi, saling menguatkan satu sama lain dan saling gandeng-gendong dengan sikap optimistis bagi kemajuan Kota Yogyakarta," ujarnya.

Haryadi menuturkan, rangkaian HUT Kota Yogyakarta ke-265 telah disiapkan selama tujuh hari sejak 1-7 Oktober nanti. Rangkaian yang dihadirkan dinilai sebagai representasi berbagai kegiatan, yang menggambarkan kreativitas dan peran serta masyarakat secara beragam dari berbagai unsur dalam mewarnai dinamika Kota Yogyakarta.

Rangkaian kegiatan tersebut, kata Haryadi, ditayangkan secara daring. Ia pun berharap seluruh warga Kota Yogyakarta dapat berpartisipasi aktif dalam memeriahkan rangkaian HUT Kota Yogyakarta ke-265.

"Berharap seluruh warga Kota Yogya berpartisipasi aktif secara daring dan menjadikannya sebagai pesta rakyat. Walaupun di masa pandemi ini, kita merayakannya dengan khidmat, dengan tenang di rumah masing-masing, untuk tetap menjaga protokol kesehatan," jelas dia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 

Terkait


Muhammadiyah Target Suntikkan Lima Juta Dosis Vaksin

Percepat Vaksinasi, Warga dengan Komorbid Diminta Periksa

Anggota DPR: Ulama Berperan Penting Ajak Masyarakat Vaksin

Yogyakarta Mulai Persiapkan Pasar Gunakan PeduliLindungi

Mengapa Sudah Divaksinasi Dua Dosis Tetap Meninggal?

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark