Senin 04 Oct 2021 15:28 WIB

Pemkot Yogyakarta Optimistis Pekan Ini Tuntas Vaksinasi

Saat ini cakupan vaksinasi di Kota Yogyakarta sudah mencapai 90 persen.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq
Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti.
Foto: Humas Pemkot Yogyakarta
Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta optimistis pada pekan ini semua warga yang layak vaksin Covid-19 sudah tervaksin. Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti mengatakan, saat ini cakupan vaksinasi di Kota Yogyakarta sudah mencapai 90 persen.

"Kita sudah 90 persen dan saya optimistis bahwa pada 7 Oktober, Kota Yogya sudah mendeklarasikan tuntas vaksin," kata Haryadi di Kelurahan Giwangan, Senin (4/10).

Haryadi menyebut, herd immunity sudah terbentuk karena capaian vaksinasi sudah di atas 80 persen. Percepatan vaksinasi pun terus dilakukan di tingkat kelurahan dengan menggerakkan Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dalam rangka menjangkau warga yang belum tervaksin.

"Saya mendedikasikan tuntas vaksin untuk ibu-ibu karena banyak wanita (yang belum tervaksin)," ujar Haryadi.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Yogyakarta, Emma Rahmi Aryani mengatakan, saat ini masih ada sekitar 10 ribu warga ber-KTP Kota Yogyakarta yang belum divaksin. Warga yang belum tervaksin ini beberapa di antaranya mereka yang belum bisa mendapatkan vaksin.

Seperti penyintas Covid-19 dan warga yang memiliki komorbid atau penyakit penyerta. Selain itu, yang menjadi kendala dalam penyelesaian vaksinasi di Kota Yogyakarta yakni mereka yang ber-KTP Kota Yogyakarta, namun berdomisili di luar daerah atau di luar kota.

"Kita harapkan mereka bisa berkunjung ke puskesmas untuk dipantau kesehatannya apabila komorbid sudah terkendali. Ada juga beberapa yang penyintas itu sekarang sudah ada kelonggaran, gejalanya ringan dan sedang, boleh satu bulan setelah sembuh dari Covid-19 itu bisa divaksin, jadi sekitar 10 ribu orang yang belum divaksin," kata Emma.

Rata-rata, capaian vaksinasi di kecamatan yang ada di Kota Yogyakarta sudah mencapai 90 persen. Namun, ada beberapa kecamatan yang capaian vaksinasinya masih terus digenjot mengingat tingginya jumlah penduduk.

Emma menuturkan, setidaknya ada tiga kecamatan yang saat ini vaksinasinya terus dipercepat. Mulai dari Kecamatan Umbulharjo, Kecamatan Tegalrejo, dan Kecamatan Mergangsan.

Secara keseluruhan, Emma menyebut, warga yang tervaksin di Kota Yogyakarta sudah lebih dari 589 ribu orang. Jumlah ini tidak hanya terdiri dari penduduk ber-KTP Kota Yogyakarta, namun juga penduduk non KTP Yogyakarta.

"Kita sudah vaksin 589 ribu orang, jumlah penduduk kita (ber-KTP Kota Yogyakarta) 400-an ribu orang," ujar Emma.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement