Mahasiswa Unair Ciptakan Obat Kumur Alami Anti-Gigi Karies

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Fernan Rahadi

Kampus Universitas Airlangga
Kampus Universitas Airlangga | Foto:

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Tiga mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) menciptakan obat kumur berbahan dasar alami untuk mengatasi gigi karies. Mereka adalah Dennia Oktavia ZH dan Muflikhah Ramadhani dari Fakultas Kedokteran, serta Jihan Bobsaid, mahasiswa Fakultas Farmasi. Dennia mengungkapkan, obat kumur yang diciptakan berbahan dasar kombinasi ekstrak teh hijau (Camellia Sinensis) dan daun papermin (Mentha Piperita) yang diyakini sebagai antibakteri terhadap Streptococcus Mutans.

Dennia menjelaskan, penciptaan inovasi tersebut dilatari kekhawatiran akan banyaknya kasus gigi karies, disertai belum optimalnya pemanfaatan komoditas lokal. "Prevalensi karies yang cukup tinggi dan komoditas yang tersedia di daerah tinggal jadi inspirasi untuk pembuatan mouthwash kombinasi multiplant ini," kata Dennia di Surabaya, Kamis (7/10).

Dennia menjelaskan, setelah melalui banyak literatur, timnya menemukan kombinasi multi-plant memiliki aktivitas antibakteri yang lebih baik ketimbang yang hanya menggunakan single-plant. Dennia mengaku, timnya telah sukses menyelesaikan proses penelitian, pembuatan, serta pengujian bakteri.

Hasilnya, bakteri Streptococcus Mutans sebagai penyebab plak dan karies gigi mampu dihambat secara efektif oleh kombinasi ekstrak teh hijau dan daun peppermint. Hasil penelitian itu diharapkan dapat segera diaplikasikan dengan tujuan mencegah karies gigi pada masyarakat.

Atas inovasi tersebut, Dennia dan tim mampu melaju ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas). Melalui proposal berjudul Efektivitas Mouthwash Berbahan Dasar Kombinasi Ekstrak Camellia sinensis dan Mentha piperita sebagai Antibakteri terhadap Streptococcus Mutans, Dennia dan tim mengangkat pembahasan bahan dari sudut pandang mikrobiologi dan zona hambat bakteri.

"Kami tengah mempersiapkan presentasi dan studi literatur untuk menghadapi Pimnas," ujar Dennia.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Penyintas Covid-19, Waspadai Jenis Sesak Napas Ini

Imunolog: Ada Tiga Skema Pencegahan Covid-19 Varian MU

RSGM Unair Jadi Rumah Sakit Pendidikan

Santri Madura Dilatih Mengolah Kelor Menjadi Cokelat

Menhan Prabowo Teken Kerja Sama dengan Unair

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark