Jumat 08 Oct 2021 16:07 WIB

Amikom Raih Medali Perunggu di Gemastik XIV

Tim Deepweb Amikom berasal dari mahasiswa-mahasiswa Prodi Teknik Komputer.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq
Anggota tim Deepweeb Universitas Amikom Yogyakarta.
Foto: Dokumen
Anggota tim Deepweeb Universitas Amikom Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Tim Deepweeb dari Universitas Amikom Yogyakarta sukses meraih medali perunggu dalam Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) XIV. Mereka mengukir prestasi di kategori Keamanan Cyber.

Kompetisi ini diselenggarakan secara daring Pusat Prestasi Nasional Kementerian Dikbud Ristek bersama Universitas Telkom sebagai tuan rumah 4-7 Oktober 2021. Tahun ini, Gemastik XIV diikuti 3.164 tim yang mendaftar dalam 11 divisi lomba.

Mereka terdiri dari 235 perguruan tinggi negeri dan swasta yang tersebar dari 33 provinsi di Indonesia. Dari jumlah tersebut, terjaring 230 peserta yang berasal dari 67 perguruan tinggi yang berhasil masuk dalam babak final.

Tim Deepweb Amikom sendiri berasal dari mahasiswa-mahasiswa Program Studi S1 Teknik Komputer yang terdiri dari Ananda Fikri Ijlal Akbar, Riordan Pramana Tandijo Putra, dan Muh Fani Akbar. Tim mengikuti tes-tes secara daring.

Hal itu untuk menguji kemampuan menghadapi kasus keamanan informasi dan jaringan yang disiapkan panitia. Mereka ditantang mencari kelemahan dari sistem yang dirancang memiliki celah atau informasi tertentu yang memungkinan peretasan.

"Prodi selalu mendorong mahasiswa mengikuti lomba-lomba yang berhubungan cyber security dan IoT karena itu merupakan konsentrasi Prodi S1 Teknik Komputer," kata Kaprodi Teknik Komputer, Dony Ariyus, Jumat (8/10).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement