Selasa 12 Oct 2021 12:28 WIB

Persiapan UTBK SBMPTN 2022, Quipper Luncurkan Paket Intensif

Quipper tidak hanya berfokus pada menyediakan konten belajar.

Kolaborasi LIPI dan Quipper dbuat dalam bentuk video pembelajaran bagi siswa SMA
Foto: quipper.com
Kolaborasi LIPI dan Quipper dbuat dalam bentuk video pembelajaran bagi siswa SMA

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Jumlah mahasiswa baru di Indonesia terus menunjukkan peningkatan sejak tahun 2016. Menurut Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI), jumlah mahasiswa baru pada tahun 2019 naik signifikan 20,1 persen dari tahun sebelumnya menjadi 1,77 juta orang yang berasal baik dari Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dan Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Adapun sistem penerimaan mahasiswa baru di PTN dapat melalui jalur SNMPTN dan UTBK SBMPTN. Pada tahun 2021 ini, pengumuman SNMPTN dan UTBK SBMPTN telah diumumkan pada 21 Maret dan 16 Juni yang lalu.

Sebagai bentuk persiapan menuju diselenggarakannya UTBK SBMPTN 2022 pada bulan Maret tahun depan, Quipper telah menyiapkan sejumlah layanan penunjang persiapan ujian bagi calon peserta UTBK SBMPTN sedini mungkin. Pada bulan September 2021 ini, Quipper telah meluncurkan Paket Intensif UTBK SBMPTN 2022 yang disertai dengan ribuan video pembelajaran & animasi, latihan soal & video pembahasan, tryout online dengan sistem penilaian Item Response Theory (IRT), Cek Peluang UTBK, live class, Tanya Tutor, dan masih banyak lagi. 

Menurut Content Manager Quipper Indonesia, Hanani Faiza, Quipper telah menyediakan konten terlengkap bagi para siswa yang tengah mempersiapkan diri menghadapi UTBK SBMPTN 2022. Siswa telah dapat belajar menggunakan konten Materi Persiapan UTBK yang sudah tersedia sejak 17 September 2021. 

“Untuk persiapan UTBK SBMPTN 2022, Quipper tidak hanya berfokus pada menyediakan konten belajar, namun juga pada pengalaman dan perjalanan belajar siswa. Bersama Quipper, perjalanan belajar siswa akan melalui tiga penguasaan materi, yaitu Persiapan, Pemantapan, dan Pembahasan. Tiga rangkaian materi tersebut adalah strategi belajar yang dirancang agar siswa bisa bersiap diri secara lebih terarah, terstruktur, dan terukur," kata Hanani.

Diluncurkan bulan September ini, Materi Persiapan disediakan bertujuan untuk membantu siswa mengenal dan mengulas kembali topik-topik yang umum keluar di UTBK. Pada bulan Desember, materi pemantapan akan hadir untuk membantu siswa mengasah konsep dan taktik menghadapi tipe soal UTBK. Selain itu, terdapat juga materi pembahasan yang akan diluncurkan di bulan Januari 2022 untuk menutup perjalanan belajar persiapan UTBK dengan menghadirkan contoh soal UTBK serta pembahasannya.

Selain rangkaian materi yang telah dipersiapkan secara optimal, di bulan November mendatang Quipper juga akan menyelenggarakan tryout online UTBK Nasional secara gratis dan terbuka untuk siswa di seluruh Indonesia. Sistem penilaian tryout ini akan dihitung dengan sistem penilaian IRT yang digunakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Selain itu, Quipper juga menyediakan fitur Cek Peluang, di mana hasil tryout siswa dapat digunakan sebagai prediksi kesuksesan penerimaan di jurusan PTN sesuai keinginannya. Melalui fitur tersebut, siswa diharapkan bisa terbantu untuk membangun strategi yang lebih jitu seiring menyambut hari ujian kelak. Pendaftaran serta informasi selengkapnya akan diumumkan di Instagram @quipper_id atau Twitter @Quipper_ID.

Business Strategy and Growth Senior Manager Quipper Indonesia, Ruth Ayu Hapsari, mengatakan sebagian besar pengguna Quipper yang berhasil mendapatkan kursi di PTN melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN 2021, menggunakan Quipper secara intensif sebelum ujian.

"Dari survei yang kami lakukan, lebih dari setengah pengguna Quipper yang berada di Kelas 12 menggunakan Quipper secara konsisten, yaitu tiga hari dalam sepekan. Dari pengguna-pengguna aktif tersebut, sebanyak 62 persen berhasil masuk ke PTN impiannya," ujar Ayu. 

Survei tersebut juga menyatakan bahwa 98 persen pengguna Quipper sangat terbantu dengan fitur konten video, soal dan khususnya cara SUPER (Solusi Quipper) selama masa persiapan UTBK. 

"Selain itu, para Pengguna juga sangat terbantu dengan adanya fitur Live Class yang merupakan salah satu fitur terbaru yang telah dirilis tahun lalu, dimana fitur ini membahas serba-serbi persiapan ujian secara spesifik dan relevan," kata Ayu. 

Markus Gabriel, salah satu pengguna Quipper asal SMAN 2 Mandau, Riau, berhasil lolos masuk jurusan Bioteknologi di Universitas Brawijaya. Menurutnya, layanan Quipper Video Masterclass telah membantunya merencanakan belajar dan menyelesaikan masalah dalam mengerjakan soal.

"Saya sangat senang belajar di platform Quipper, apalagi dengan adanya produk Masterclass yang bisa membantu dalam rencana belajarku serta fitur Tanya Tutor untuk bantuin problem solving," kata Markus.

Muhammad Shidqi, pengguna Quipper lainnya asal SMAN 2 Bantul, Yogyakarta mengatakan bahwa Quipper berhasil membantunya lulus UTBK SBMPTN 2021 dan diterima di jurusan Perbankan di Universitas Gadjah Mada (UGM).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement