Omah Budoyo Fasilitasi Produk Kreatif UMKM Yogyakarta

Rep: my37/ Red: Yusuf Assidiq

Acara peresmian Omah Budoyo di Mergangsan, Yogyakarta.
Acara peresmian Omah Budoyo di Mergangsan, Yogyakarta. | Foto: Yusuf Bastiar.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Satu lagi wadah bagi ajang promosi dan pengenalan produk-produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) hadir di Yogyakarta. Adalah Omah Budoyo yang baru dibuka, menjadi ruang rupa kreatif bagi produk-pruduk UMKM lokal.

Berlokasi di kawasan Mergangsan, Omah Budoyo juga merupakan sebuah kantong budaya yang mengemban misi untuk membawa produk buatan lokal kepada segenap wisatawan internasional maupun nasional. "Termasuk di antaranya lokakarya, fesyen, perhiasan, seni, dan kuliner khas Nusantara," kata Gallery Manager of Omah Budoyo, Ilham Kamazka.

 

Ia berharap, kehadiran Omah Budoyo dapat menginspirasi desainer dan pengrajin lokal, juga sebagai salah bentuk dukungan kepada pelaku usaha UMKM di Daerah Istimewa Yogyakarta. “Beberapa merek lokal yang terlibat di antaranya Jumputan oleh Oscar Lawalata, kebaya tradisional oleh Happy Salma.

Kemudian, tenun lurik oleh Bai Populo, furnitur kayu jati daur ulang oleh Bodhi, batik kontemporer oleh Equatorial. "Dan masih banyak lagi,” ujar Ilham.

Sementara itu, Kanjeng Pangeran Haryo Wironegoro alias KPH Wironegoro suami dari Gusti Kanjeng Ratu Mangkubumi, putri pertama Hamengkubuwono X sekaligus Putri Mahkota dari Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat, yang turut hadir dalam peresmian Omah Budoyo, menegaskan salah satu alasan hadirnya Omah Budoyo yakni untuk memfasilitasi UMKM di Yogyakarta.

“Produk UMKM dikurasi untuk menjadi produk, yang saya lihat juga penjualannya baik, sehingga di masa pandemi ini ekonomi masyarakat Yogya di dunia kreatif itu bisa berjalan,” terang KPH Wironegoro.

Ia juga berharap agar Omah Budoyo bisa menjadi pintu awal pemberdayaan produk kreatif UMKM masyarakat Yogyakarta. Lebih lagi, KPH Wironegoro menilai kehadiran Omah Budoyo bisa membantu Yogyakarta dalam meningkatkan dan mengembangkan kembali pariwisata yang sudah terpuruk selama pandemi.

Pada bagian lain, upaya Omah Budoyo dalam menghidupkan ekonomi masyarakat berupa pemberdayaan ekonomi kreatif  mikro, kecil, dan menengah mendapat apresiasi dari KPH Wironegoro. Bagi KPH Wironegoro, Omah Budoyo turut andil dalam memulihkan ekonomi masyarakat di Yogyakarta.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Pemuda Diharap Ambil Bagian dalam Pemulihan Ekonomi Jatim

UMKM Perempuan Dinilai Masih Kesulitan Ajukan Kredit

Yogya Gencarkan Kampanye Wisata Sehat

Gembira Loka Zoo Dibuka untuk Pengunjung Kanak-Kanak

Khofifah Ajak Swasta Dorong Perkembangan UMKM Disabilitas

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark