Selasa 12 Oct 2021 21:41 WIB

Psikolog Ingatkan Pentingnya Jaga Kesehatan Mental

Perlu sosialisasi dan edukasi agar masyarakat tahu pentingnya jaga kesehatan mental.

Ilustrasi kesehatan mental
Foto: Pixabay
Ilustrasi kesehatan mental

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Psikolog dari Biro Psikologi Metafora Purwokerto, Jawa Tengah, Ketty Murtini mengingatkan pentingnya menjaga kesehatan mental dan kesejahteraan psikis, terutama di tengah pandemi Covid-19. "Sangat penting menjaga dan memelihara kesehatan mental di tengah pandemi, agar membawa dampak yang positif secara psikologis," katanya di Purwokerto, Jawa Tengah, Selasa (12/10).

Dia mengatakan, agar masyarakat mengetahui pentingnya menjaga kesehatan mental maka perlu sosialisasi dan edukasi yang berkesinambungan. "Terlebih lagi pada 10 Oktober kemarin baru saja diperingati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia sehingga menjadi momentum yang tepat untuk meningkatkan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat," katanya.

Baca Juga

Dengan sosialisasi dan edukasi yang intensif, kata dia, diharapkan makin meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya menjaga kesehatan mental. "Selain itu juga diharapkan akan menghilangkan stigma negatif terkait dengan kesehatan mental, masyarakat berperan penting dalam mengampanyekan mengenai isu kesehatan mental ini," katanya.

Dia menambahkan, isu kesehatan mental menjadi penting untuk dikaji, terutama di tengah pandemi, karena kondisi saat ini mengharuskan sebagian masyarakat banyak berdiam di rumah dan menjaga jarak fisik dengan orang lain. "Hal ini menyebabkan berkurangnya intensitas interaksi dengan orang lain sehingga rentan membuat seorang individu merasa bosan atau bahkan mengalami stres," katanya.

Dia mengingatkan perlunya masyarakat melakukan persiapan diri dengan energi yang lebih besar dalam menjalani aktivitas sehari-hari di tengah pandemi Covid-19. "Perlu mempersiapkan diri dengan energi yang lebih besar dari biasanya guna menjaga kesehatan mental dan kesejahteraan psikis, persiapan diri yang paling utama adalah dengan cara berdoa serta meningkatkan kualitas keimanan," katanya.

Selain itu, kata dia, perlu melakukan introspeksi diri secara lebih intensif. Menurut dia, kegiatan introspeksi diri dapat membawa dampak yang positif secara psikologis.

"Hal itu dapat dilakukan dengan sungguh-sungguh meluangkan waktu untuk melihat apa yang sudah dilakukan dan apa yang sudah terjadi serta apa yang harus menjadi catatan untuk hari-hari berikutnya," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement