Dua Mahasiswa UMY Ikuti Pertukaran Pelajar ke Turki

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Fernan Rahadi

Kampus UMY.
Kampus UMY. | Foto: Wahyu Suryana.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Dua mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berkesempatan mengikuti pertukaran pelajar (student exchange) ke Turki. Hal itu dilaksanakan lewat Delegation of International Youth Leader Program Batch 31 Chapter Santri Milenial Goes to Turkey.

Program digelar International Youth Leader dan berlangsung selama tujuh hari pada 23-29 September 2021. Dua mahasiswa UMY yang berkesempatan untuk ikuti program International Youth Leader ada Ahmad Qasim Nurseha dan Rizki Akbar Nasution.

Qasim merupakan mahasiswa Prodi Teknik Informasi, sedangkan Rizki mahasiswa Prodi Ilmu Hukum UMY. Qasim menerangkan, program pertukaran pelajar diikuti oleh 25 mahasiswa dan mahasiswi dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Pertukaran pelajar ini diikuti oleh seluruh mahasiswa dari universitas di seluruh Indonesia dan difokuskan untuk pelatihan pemuda yang berpotensi agar mandiri dan siap menjadi pemimpin yang bersaing di kancah internasional.

"Juga sebagai sarana untuk mengenalkan ragam budaya Indonesia ke luar negeri," kata Qasim, Kamis (14/10).

Qasim menjelaskan, beberapa kegiatan yang dilakukan dalam program pertukaran pelajar tersebut berkaitan dengan pertukaran sosial dan budaya. Kegiatannya sendiri seperti research market, industry visit, exchange culture of Turkey.

Kemudian, ada social project, youth project, group presentation, leadership class with keynote speaker, dan inspiring talkshow. Rizki mengungkapkan, proyek sosial yang dilakukan berkaitan pertukaran budaya dan sistem kepemimpinan.

Selama mengikuti program tersebut, Rizki turut mempelajari bahasa dan budaya langsung dengan masyarakat Turki, dan sebaliknya mengenalkan budaya Indonesia. Serta, mempelajari sistem kepemimpinan di Turki dengan mempelajari sejarahnya.

"Coba mengadopsi dengan sistem kepemimpinan di Indonesia melalui perbandingan antar kedua negara. Sisi lain, juga mempelajari sistem pemerintahan di sana," ujar Rizki.

Sebelumnya, juga lewat program pertukaran pelajar, UMY turut mengirim mahasiswa dan mahasiswi untuk studi lanjut ke Spanyol. Ini menjadi salah satu program unggulan UMY membantu mahasiswa menempuh studi di perguruan tinggi mitra.

Mulai dari kampus-kampus di Korea Selatan, Malaysia, Thailand, Taiwan, Jepang, Cina, Spanyol dan Turki. Sebanyak 290 mahasiswa telah diberangkatkan selama lima tahun terakhir, dan setidaknya sudah 88 mahasiswa pada 2020/2021.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


UMY Tuan Rumah Musyawarah ke-19 BKS-TM

UMY Lepas Mahasiswa Studi ke Spanyol

UIN Bandung Dorong Mahasiswa Ikuti Pertukaran Pelajar

Pemerintah Buka Beasiswa IISMA, Bisa Tukar 60 Kampus Dunia

UMY Urutan ke-15 Nasional THE Impact Rangkings

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark