Kamis 14 Oct 2021 20:44 WIB

Jateng Dinobatkan Provinsi Terbaik bagi Kesetaraan Gender

Jateng menjadi yang terbaik karena mendapatkan penghargaan kategori Mentor.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Muhammad Fakhruddin
Jateng Dinobatkan Provinsi Terbaik bagi Kesetaraan Gender (ilustrasi).
Foto: remajaindonesia.org
Jateng Dinobatkan Provinsi Terbaik bagi Kesetaraan Gender (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SEMARANG -- Untuk ke-empat kalinya, Provinsi Jawa Tengah menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP &PA).

Tahun ini, Jawa Tengah kembali dinobatkan sebagai provinsi dengan kesetaraan gender terbaik di tanah air untuk ke-empat kalinya secara berturut- turut.

Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi Pemerintah Pusat atas komitmen dan peran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah dalam pembangunan di sektor perempuan dan anak, khususnya dalam strategi pengarusutamaan gender.

“Jateng menjadi yang terbaik karena mendapatkan penghargaan kategori Mentor, penghargaan tertinggi dalam kategori Anugerah Parahita Ekapraya,” kata Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, di Semarang, Jawa Tengah, Kamis (14/10).

 

Atas capaian ini, gubernur pun mengucapkan selamat sekaligus mengapresiasi semua pihak yang telah bekerjakeras dalam upaya mewujudkan kesetaraan gender di daerahnya.

Kendati pengarusutamaan gender memang menjadi fokus dalam pemerintahanya, apa –yang dalam empat tahun terakhir mampu dicapai—tidak akan terwujud tanpa dukungan dari banyak pihak, termasuk komponen masyarakat di Jawa Tengah.

Terkait dengan kebijakan pengarusutamaan gender, orang nomor satu di Provinsi Jawa Tengah ini menegaskan, selain kodrat, tidak ada satu hal pun yang pantas untuk diperbedakan.

Bahkan persoalan gender bukan penghalang untuk meraih kesuksesan. “Prinsipnya semua yang berdiri tegap di bawah Merah Putih, punya hak yang sama, tidak peduli apakah ia laki- laki atau maupun perempuan,” tegasnya.

Sebelumnya, Anugerah Parahita Ekapraya tahun 2020 diberikan secara langsung oleh Menteri PP & PA, I Gusti Ayu Bintang Darmawati kepada 13 kementerian/ lembaga, 29 pemerintah provinsi dan 266 kabupaten/ kota di tanah air.

Provinsi Jawa Tengah tercatat ‘memborong’ banyak penghargaan dalam penganugerahan tersebut. Selain Jawa Tengah --yang mendapatkan penghargaan kategori Mentor-- juga ada satu kabupaten, yakni Kabupaten Rembang.

Sementara 12 kabupaten/ kota di Jateng mendapat penghargaan kategori Utama, 13 kabupaten/ kota mendapat kategori Madya dan delapan kabupaten/ kota meraih penghargaan kategori Pratama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement