Sertifikasi Halal UMK Dorong Ekosistem Jaminan Produk Halal

Red: Fernan Rahadi

Ilustrasi Sertifikasi Halal.
Ilustrasi Sertifikasi Halal. | Foto: Republika/Kurnia Fakhrini

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Implementasi program Sertifikasi Halal Gratis bagi Usaha Mikro Kecil (UMK) terus didorong. Implementasi program tersebut diharapkan dapat mendorong peningkatan skala dan mutu tercapainya target 3.200 UMK yang telah bersertifikasi produk halal dalam negeri dengan mendorong keterjangkauan literasi sertifikasi halal gratis kepada UMK di berbagai daerah dan wilayah.

"Dengan mendapatkan sertifikasi halal, UMK dapat naik kelas. Setelah mendapat sertifikasi halal, maka para UMK tersebut dapat mendorong terciptanya ekosistem jaminan produk halal nasional dan mendapatkan privilege untuk terlibat dalam Pengadaan Barang dan Jasa pemerintah serta di marketplace Pasar Digital  (PaDi) BUMN," ujar Direktur Komersial PT Surveyor Indonesia (Persero), Saifuddin Wijaya, dalam Sharia Webinar Series, Sertifikasi Halal Gratis (SEHATI) kepada pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK) dengan tema "Berkah Usahaku, Sukses Bisnisku, Lancar Pendapatanku" yang digelar virtual pekan lalu.

Acara ini digelar oleh PT Surveyor Indonesia (Persero) bersama Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) dan BPJPH Kementerian Agama. Lebih lanjut, Saifuddin mengatakan, sebagai independent assurance nasional, Surveyor Indonesia siap untuk mendukung terlaksananya program sertifikasi halal yang tengah di dorong oleh pemerintah saat ini. 

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri lebih dari 500 UMK  yang tersebar di seluruh Indonesia. Narasumber yang dihadirkan pada hari pertama yaitu Kepala Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) PT Surveyor Indonesia Afrinal Nazaruddin, Kepala Pusat Sertifikasi dan Registrasi Halal BPJPH Mastuki dan Wakil Sekretaris Umum PW MES DKI Jakarta Arif Bowo Sasongko. Adapun tema yang dibahas adalah etika bisnis perspektif ekonomi syariah, program sertifikasi halal gratis dan sinergi LPH dalam program sehati.

Selanjutnya, pada hari kedua dihadirkan Auditor LPH PT Surveyor Indonesia Anggraini Wulansari dan Pengurus Wilayah MES Banten Hadi Peristiwo Pada sesi ini pembahasan difokuskan pada urgensi dan manfaat sertifikasi halal bagi UMKM dan sinergi LPH dalam program sehati.

Pada akhir sesi,  Kepala LPH PT Surveyor Indonesia Afrinal Nazaruddin menyampaikan saat ini terdapat beberapa program untuk optimalkan UMKM salah satunya melalui Program Sehati 2021.

"Dalam upaya pemulihan ekonomi serta mendukung UMK untuk tetap berkarya di masa pandemi, Surveyor Indonesia senantiasa memberikan dukungan melalui program SEHATI dan rangkaian sharia webinar ini akan terus berjalan hingga akhir Oktober bersama MES DKI, Banten, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan DIY. Rangkaian Webinar akan ditutup dengan bimbingan teknis (BIMTEK) secara gratis bagi UMK yang terpilih oleh LPH PTSI," kata Afrinal.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


UMKM Hadapi Dua Kendala dalam Sertifikasi Halal

Ini yang Dilakukan Pemkot Sukabumi agar UMKM Naik Kelas

Sertifikasi Halal Tingkatkan Nilai Jual Produk UMKM

Zurich Syariah Fokus ke Pasar Ritel dan Industri Halal

Makanan Halal Berjaya di Masa Pandemi

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark