Vokasi UMY Gandeng SMK/SMA di DIY dan Jateng

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Muhammad Fakhruddin

Vokasi UMY Gandeng SMK/SMA di DIY dan Jateng. Kampus UMY.
Vokasi UMY Gandeng SMK/SMA di DIY dan Jateng. Kampus UMY. | Foto: Wahyu Suryana.

REPUBLIKA.CO.ID,BANTUL -- Vokasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melakukan MoU dengan SMA/SMK di DIY dan Jateng. Direktur Vokasi UMY, Dr Bambang Jatmiko menerangkan, kerja sama sekaligus bagian peningkatan jenjang Diploma III ke Sarjana Terapan (D-IV).

Setidaknya, kerja sama sudah dilakukan dengan tiga SMA/SMK, dan program ini dimaksudkan menambah jalinan ke sekolah-sekolah lainnya. Ia mengungkapkan, target utama dari kerja sama ini memang sekolah-sekolah Muhammadiyah.

Adapun SMA/SMK yang hadir antara lain SMA Muh Piyungan, SMK Muh Bangunjiwo, SMK Muh Kretek, SMK Ar-Rahman Srandakan, SMK Negeri Sedayu, SMK Muh Imogiri, SMK Muh 1 Sleman, SMK Muh 2 Turi, SMK Muh Seyegan dan SMK Muhammadiyah Minggir.

Kemudian, ada SMK Muhammadiyah Pakem, SMK Muh 2 Tempel, SMK Muh Wonosari, SMK Muh Karangmojo, SMK Muh Tepus, SMK 2 Playen, SMK Muh Ponjong, SMK Muh 1 Playen, SMK Muh Patuk, SMK Muh Sentolo, dan SMK Muhammadiyah 3 Klaten Utara.

Kerja sama yang akan diwujudkan program Vokasi UMY antara lain pembelajaran di luar kampus, tukar data dan informasi pendidikan lalu pelatihan dan penelitian bersama. Ada pula memfasilitasi guru tamu untuk SMK/SMA dan bidang-bidang lain.

Bambang menambahkan, program-program lain akan mencoba memfasilitasi SMK/SMA yang bekerja sama dengan UMY untuk menghadirkan guru tamu atau pakar. Kemudian, pendampingan minat dan bakat, manajemen dan mutu, serta fasilitas kompetensi.

"Hal tersebut agar sekolah yang menjalin relasi dengan kami mempunyai kualitas mutu dan SDM yang bagus," kata Bambang, Sabtu (16/10).

Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Internasional UMY, Prof Achmad Nurmandi menuturkan, ini salah satu langkah peningkatan mutu dari sumber daya yang ada. Bahkan, sudah ada sekolah yang sudah terima pendampingan branding dan mutu.

"Jadi jika ingin meminta pendampingan yang sama kami siap, karena kami juga sudah terakreditasi unggul, sehingga mutu kami tidak diragukan dan UMY juga dari segi branding memang kuat," ujar Nurmandi.

Perwakilan SMK Muhammadiyah Minggir, Edy Purwanto, memberi respon positif atas kerja sama ini. Sebagai sekolah berbasis dan sesama amal usaha Muhammadiyah, sinergi ini akan membantu dalam rangka saling maju dan terus berkembang.

"Dengan adanya kerja sama ini kami berharap bisa meningkatkan pencapaian kita bersama menjadi lembaga pendidikan yang bermutu dan unggul," kata Edy. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...

Terkait


Sejak Maret, DIY Pertama Kali Laporkan Nol Kematian Covid-19

Kunjungan Wisatawan ke DIY Meningkat hingga 40 Persen

Pengembangan SDM Vokasi Perkuat Kerja Sama dengan Industri

Jateng Dinobatkan Provinsi Terbaik bagi Kesetaraan Gender

GIPI DIY Sebut Keterbatasan Destinasi yang Dibuka Berisiko

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark