Selasa 19 Oct 2021 02:06 WIB

Mahasiswa UII Juara Nasional MERMC 2021

MERMC merupakan kompetisi simulasi bisnis dengan menggunakan AI.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Dwi Murdaningsih

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Pandemi covid-19 tidak menurunkan semangat mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) berprestasi. Kali ini, tim mahasiswa Prodi Akuntansi juara satu Monsoon SIM Enterprise Resource Management Competition (MERMC) Indonesia 2021.

Kompetisi digelar secara daring 11 September-9 Oktober 2021. Tim UII terdiri dari Valdo Manggiri Alani, Nicho Kurniawan, Farhan Kamil Rabbani, Agnes Aura Ainisha dan Immerina Zuhara yang tergabung dalam Tim Muzzafar Zayn.

Baca Juga

Selain itu, tim mahasiswa UII lain yaitu Tim Jakal Atas berhasil meraih juara empat kompetisi tersebut. Terdiri dari Afiq Kamal Rizki, Imam Nur Fadhilah, Rafif Aldo Nugroho, Asaquita Sophie Premarci, dan Rani Adillah Kusumaningrum.

Atas raihan tersebut, tim mahasiswa UII mendapatkan hadiah tunai  Rp 3.000.000 dan Rp 1.000.000. Kedua tim UII tersebut juga akan menjadi perwakilan Indonesia mengikuti MERM e-Competition International Final 2021 pada November mendatang.

Direktur ERP Competence Center Prodi Akuntansi Fakultas Bisnis Ekonomika UII, Dra Isti Rahayu, mengaku sangat bersyukur atas capaian Tim Muzzafar Zayn dan Tim Jakal Atas. Ia berharap, kedua tim dapat memenangkan kompetisi selanjutnya.

"Keberhasilan memenangkan kompetisi nasional ini menunjukkan di tengah pandemi covid yang masih belum berakhir, mahasiswa-mahasiswa Prodi Akuntansi UII tetap mampu berprestasi, dengan memanfaatkan teknologi," kata Isti, Senin (18/10).

Isti menuturkan, MonsoonSIM merupakan kompetisi simulasi bisnis, satu platform pembelajaran berbasis pengalaman dengan menggunakan Artificial Intelligence (AI) yang digunakan Prodi Akuntansi UII sebagai salah satu alat belajar bisnis.

Dengan pembelajaran berbasis game, mahasiswa tidak hanya mendapatkan teori, tapi turut memiliki kesempatan eksplorasi dan eksperimen jalankan bisnis. Keberhasilan tim memenangkan kompetisi sangat didukung kompetensi ERP yang mereka miliki. 

Untuk memberikan pemahaman ERP yang saat ini digunakan hampir semua perusahaan, Prodi Akuntansi UII mengajarkan mata kuliah berbasis SAP. Lalu, alumni-alumni saat ini banyak yang memilih profesi di bidang teknologi sebagai konsultan SAP.

Monsoon SIM Indonesia akan mengirimkan lima Tim juara untuk mengikuti MERM e-Competition International Final 2021. Dalam memilih perwakilan untuk dikirim, Prodi Akuntansi UII menggelar kompetisi internal lewat ERP Competence Center.

Perwakilan tim mahasiswa Akuntansi FBE UII, Valdo Manggiri Alani menambahkan, waktu persiapan yang dilakukan sebelum kompetisi kurang lebih selama sembilan bulan dan dilaksanakan secara daring. Kompetisi dimulai sejak Desember 2020.

"Saat latihan kami sering ditegur dinasehati sampai dimarahi juga karena masih banyak kesalahan sebelum lomba. Hal itu juga yang membuat kita semakin semangat latihan karena menjadi juara di tingkat internasional target tim," ujar Valdo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement