DIY PPKM Level 2, Masyarakat Diingatkan tak Lengah

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq

Ikon wisata Tugu Pal Putih Yogyakarta, Ahad (13/6).
Ikon wisata Tugu Pal Putih Yogyakarta, Ahad (13/6). | Foto: Wihdan Hidayat / Republika

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- DPRD DIY mengingatkan masyarakat agar tidak lengah terhadap potensi penyebaran Covid-19. Walaupun PPKM di DIY sudah turun ke level 2, masyarakat diminta untuk tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19.

"DIY sudah level 2 untuk pemberlakuan PPKM, hal yang patut kita syukuri bersama. Ini hasil kerja bersama, jalankan disiplin protokol kesehatan," kata Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto.

Turunnya PPKM dari level 3 ke level 2 di DIY, Eko berharap langkah pemulihan ekonomi berjalan sesuai program yang sudah direncanakan. Di masa PPKM level 2 ini, Pemerintah Daerah (Pemda) DIY juga sudah melonggarkan beberapa kebijakan.

Salah satunya terkait pelonggaran uji coba pembukaan destinasi wisata. Kepala Bagian Biro Umum Humas dan Protokol Setda DIY, Ditya Nanaryo Aji mengatakan, mengacu Inmendagri Nomor 53 Tahun 2021, destinasi wisata sudah boleh dibuka.

Hal ini juga diatur dalam Instruksi Gubernur (Ingub) DIY Nomor 31/INSTR/2021 tentang PPKM Level 2 Covid-19 di DIY. Dalam ingub tersebut, juga disebutkan bahwa destinasi diizinkan untuk dibuka dengan kapasitas maksimal 25 persen. "Mendagri menyampaikan wisata sudah boleh dibuka dengan kapasitas 25 persen," kata Ditya.

Pengunjung yang masuk ke destinasi wisata juga sudah harus divaksin. Selain itu, penggunaan aplikasi PeduliLindungi juga menjadi syarat penting untuk digunakan di tiap destinasi yang dibuka di masa PPKM level 2.

"Wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk skrining pengunjung dan pegawai, menggunakan Visiting Yogya bagi pengelola dan pengunjung yang memasuki tempat wisata," kata Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam Ingub tersebut.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Divaksinasi Covid-19, Orang Cenderung tak Menyebarkan Virus

Luhut Ingin Indonesia Jadi Produsen Obat Covid

Alasan PPKM di DKI Jakarta Akhirnya Bisa Turun ke Level 2

Imunitas Alami Penyintas COVID-19 Bisa Bertahan 12 Bulan

Perubahan Metode PPKM, Kota Bogor Masuk Level 2

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark