Nadiem Dorong Perguruan Tinggi Jatim Terus Berinovasi

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Yusuf Assidiq

Mendikbudristek RI, Nadiem Makarim
Mendikbudristek RI, Nadiem Makarim | Foto: Kemendikbud RI

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim, mengunjungi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dalam rangka sosialisasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Nadiem mengaku telah berdialog dengan seluruh rektor dan seluruh dosen serta memintanya terus melakukan beragam perubahan.

Salah satunya dengan membuat program dan inovasi. "Saya bilang, ayo bikin program. Seluruh perguruan tinggi untuk berani berubah dengan sejumlah dobrakan baru dan menginspirasi," kata Nadiem.

Ia mencontohkan, mahasiswa harus berani turun ke lapangan. Misalnya, pada 2 semester belajar di luar prodi, sedangkan 3 semester selanjutnya di luar kampus. Apalagi mahasiswa Jatim yang memiliki kontribusi paling besar dalam berbagai program MBKM yang didominasi bidang research dan inovasi.

Lebih lanjut Nadiem pun mendorong sejumlah PTN / PTS di Jatim untuk menjadi pioner dalam membesut program-program menarik. "Jangan menunggu pemerintah gerak, harus buat program. Saya lihat data di Jatim, partisipasi mahasiswa (dalam MBKM) besar," ujarnya.

Wakil Gubernur Jatim, Emil Elistiano Dardak, menyatakan dukungannya terhadap konsep program MBKM. Menurutnya, mahasiswa memang harus berani keluar pagar kampus untuk mencari dan menerapkan ilmunya agar lebih matang.

"Ternyata, di Jatim sendiri banyak sekali ekosistem pembelajaran luar kampus yang bisa kita sediakan. Oleh sebab itu, kita juga ingin program-program di Jatim seperti Belanova (Belanja Inovasi) bisa seiring," ujar Emil.

Emil berharap, nantinya setiap kampus di Jatim memiliki keunggulannya masing-masing. Misalnya, Unesa dengan Sport Science, ITS dengan AI, dan UPN dengan teknologinya.

"Di semua lini, kita punya keberpihakan kepada inovasi daerah. Inilah yang kita sebut gayung bersambut, bukan hanya mahasiswanya yang belajar di kehidupan nyata, tapi juga kehidupan nyata yang terbantu kepintaran mahasiswa ini," kata dia.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


8.451 Mahasiswa ITS Berpartisipasi dalam Program MBKM

PT PP Percepat Pembangunan Dermaga Terminal Berlian

KKP: Penting, Inovasi Bagi Industri Perikanan Berkelanjutan

Kampus Garda Terdepan Tingkatkan Wawasan Kebangsaan

Mendikbud ungkap Pentingnya Teknologi di Dunia Pendidikan

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark