Jumat 22 Oct 2021 20:50 WIB

Pemkot Pekalongan Inisiasi Pengecatan Becak Bermotif Batik

Program itu juga sebagai upaya mendukung pariwisata yang ada di daerah setempat.

Pemkot Pekalongan Inisiasi Pengecatan Becak Bermotif Batik (ilustrasi).
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Pemkot Pekalongan Inisiasi Pengecatan Becak Bermotif Batik (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,PEKALONGAN -- Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, menginisiasi pengecatan becak bermotif batik sebagai upaya mempertahankan keberadaan angkutan ramah lingkungan ini agar tetap terjaga dan menarik minat penumpang.

Kepala Seksi Angkutan dan Terminal Dinas Perhubungan Kota Pekalongan Didik Supriyadi mengatakan bahwa sedikitnya 100 becak yang akan dilakukan pengecatan pada bagian samping kiri dan kanan dengan berbagai macam motif batik.

"Becak-becak itu akan diberi jok (tempat duduk) baru bertuliskan 'Yuk Numpak Becak' dan dicat bagian samping kiri dan kanan dengan berbagai macam motif batik Kota Pekalongan," katanya, Jumat (22/10).

Menurut dia, seiring berkembang pesatnya moda transportasi jenis kendaraan bermotor mengakibatkan keberadaan moda transportasi roda tiga yang dikayuh itu semakin tergusur.

Oleh karena itu, kata dia, untuk mempertahankan eksistensi angkutan ramah lingkungan ini agar tetap terjaga dan menarik minat maka keberadaan becak-becak akan dipercantik kondisinya.

"Untuk pengecatan becak bermotif batik ini masuk dalam pembinaan dan pemeliharaan angkutan tidak bermotor oleh Dishub dan ditargetkan sebanyak 100 becak pada tahun ini," katanya.

Selain untuk melestarikan becak, kata Didik, program itu juga sebagai upaya mendukung pariwisata yang ada di daerah setempat. "Kami percantik becak-becak untuk memberikan daya tarik wisata yang nantinya bisa digunakan sebagai jasa transoprtasi untuk wisatawan yang akan berkunjung ke sejumlah objek wisata maupun pusat kuliner," katanya.

Pengayuh becak Ahmad Zaenuri mengaku dirinya bersama rekan lainnya merasa senang dan menyambut baik adanya program pengecatan becak bermotif batik.

"Alhamdulillah kami senang sekali masih diperhatikan karena kondisi becak akan semakin bagus, apalagi program itu dilakukan gratis. Kami berharap, semoga pemerintah bisa terus memperhatikan warga miskin," katanya.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement