Selasa 26 Oct 2021 10:11 WIB

Magelang dan Kulon Progo Kerja Sama Atasi Penyakit Menular

Kedua pemerintah daerah sepakat untuk bersama-sama mengatasi masalah kesehatan.

Magelang dan Kulon Progo Kerja Sama Atasi Penyakit Menular (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Magelang dan Kulon Progo Kerja Sama Atasi Penyakit Menular (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,MAGELANG -- Pemerintah Kabupaten Magelangdi Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Kabupaten Kulon Progodi Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta menjalin kerja sama di bidang kesehatan, termasuk di antaranya dalam upaya mengatasi penyakit menular.

Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang Adi Waryanto mengatakan bahwa kedua pemerintah daerah sepakat untuk bersama-sama mengatasi masalah kesehatan lintas batas wilayah administrasi.

"Salah satunya yaitu upaya penanganan penyebaran serta pencegahan penyakit menular seperti penyakit malaria, yang mana Kabupaten Kulon Progo masih dinyatakan sebagai wilayah endemis malaria," kata Adi, Selasa (26/10).

Daerah endemis malaria Kulon Progo di wilayah perbukitan Menoreh berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Magelang dan Kabupaten Purworejo.

Pemerintah Kabupaten Magelang, menurut Adi, akan mendukung upaya eliminasi malaria di Kabupaten Kulon Progo. Kementerian Kesehatan menargetkan Kabupaten Kulon Progobisa mengeliminasi malaria pada tahun 2023.

Bupati Kulon Progo H. Sutedjo mengatakan bahwa kerja sama di bidang kesehatan dengan Pemerintah Kabupaten Magelang mencakup upaya eliminasi penyakit malaria dan penanggulangan penyakit menular yang lain.

"Serta kegiatan pelayanan kesehatan di wilayah perbatasan Kulon Progo dengan Kabupaten Magelang maupun Purworejo, sehingga juga dilaksanakan kerja sama antara tiga dinas kesehatan dari tiap kabupaten tersebut," katanya.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement