Kamis 28 Oct 2021 17:39 WIB

84 Mahasiswa Ikuti Diksar Yudha Menwa di Lanud Adi Soemarmo

Menwa ke depannya diarahkan untuk menjadi komponen cadangan pertahanan negara.

Mahasiswa mengikuti pendidikan dasar (diksar) Menwa. (Ilustrasi)
Foto: dok. pendam Siliwangi
Mahasiswa mengikuti pendidikan dasar (diksar) Menwa. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KARANGANYAR -- Puluhan mahasiswa mengikuti kegiatan Pendidikan Dasar (Diksar) Yudha 44 Angkatan II Resimen Mahasiswa (Menwa) Mahadipa Jawa Tengah, di Lanud Adi Soemarmo, Solo. Pada upacara pembukaan Diksar Yudha 44 Angkatan II Menwa Mahadipa Jateng dilakukan oleh Kepala Dinas Potensi Kedirgantaraan (Kadispotdirga) Lanud Adi Soemarmo, Solo, Kolonel Kes. Wing Sukarno. 

Diksar ini diikuti sebanyak 84 mahasiswa, bertempat di Lapangan Dirgantara Lanud Adi Soemarmo, di Karanganyar, Kamis (28/10). Menurut Sukarno, kegiatan Diksar Yudha 44 Angkatan II Menwa Mahadipa Jateng tersebut diikuti sebanyak 84 mahasiswa yang akan berlangsung selama 11 hari dari tanggal 28 Oktober hingga dengan 7 November 2021.  Sebanyak 84 mahasiswa tersebut dari Universitas Gadjah Mada (UGM), IAIBB Cirebon, AkpelniSemarang, Unimar,PolinesSemarang, UIN Walisongo, UIN Raden Mas Said Surakarta, Undip, dan Untidar. 

Kadispotdirga mengatakan, tujuan dilaksanakan diksar menwa tersebut, antara lain untuk membentuk dan mengembangkan sikap perilaku yang disiplin, loyalitas, dan tanggung jawab, meningkatkan ketahanan mental, fisik, dan psikis dalam menghadapi setiap tantangan.Selain itu, kegiatan tersebut untuk menumbuhkembangkan rasa cinta Tanah Air, patriotisme, semangat bela negara, semangat juang, pantang menyerah, kerja sama kelompok, menanamkan jiwa, semangat patriotisme, dan nasionalisme.

Sementara itu, Komandan Nasional Menwa Deni mengatakan, bahwa Menwa adalah komponen pendukung pertahanan negara yang ke depannya diarahkan untuk menjadi komponen cadangan pertahanan negara guna membantu tugas-tugas negara.

Komandan Menwa Mahadipa Jateng Indriyanto mengungkapkan, bahwa resimen mahasiswa dibentuk agar dapat menjadi tempat lahirnya pemimpin-pemimpin bangsa yang berkarakter.

Pada acara upacara pembukaan Diksar Yudha 44 Angkatan II Menwa Mahadipa Jateng dihadiri oleh Rektor UGM, Rektor IAIBBC Cirebon, DirekturAkpelni Semarang, dan Direktur Polines Semarang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement