Pohon Tumbang Menimpa Rumah Warga di Madiun

Red: Bilal Ramadhan

Anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) merapikan genteng pada rumah yang rusak akibat puting beliung di Desa Sumberbendo, Saradan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Senin (18/10/2021). Puting beliung menyertai hujan di wilayah tersebut mengakibatkan tiga rumah warga roboh dan ratusan rusak serta banyak pohon tumbang, Minggu (17/10).
Anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) merapikan genteng pada rumah yang rusak akibat puting beliung di Desa Sumberbendo, Saradan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Senin (18/10/2021). Puting beliung menyertai hujan di wilayah tersebut mengakibatkan tiga rumah warga roboh dan ratusan rusak serta banyak pohon tumbang, Minggu (17/10). | Foto: ANTARA/SISWOWIDODO

REPUBLIKA.CO.ID, MADIUN -- Hujan deras dan angin kencang yang terjadi di wilayah Kabupaten Madiun, Jawa Timur mengakibatkan pohon tumbang dan merusak rumah warga di Desa Wonoasri, Kecamatan Wonosari.

Berdasarkan informasi yang diterima, rumah warga yang rusak itu milik Wari Setyorini (45) akibat tertimpa pohon besar di belakang rumahnya tumbang setelah hujan deras terjadi dalam waktu cukup lama di wilayah Kabupaten Madiun.

Pohon tumbang tersebut mengenai bagunan rumah dan menjebolkan dinding dapur, dua kamar, dan gudang rumah Wari Setyorini. "Kemarin itu hujan deras disertai angin. Tiba-tiba terdengar suara keras mengenai genteng rumah. Saya langsung mengambil adik keluar rumah untuk menyelamatkan diri," ujar Dian Amelia, anak dari Wari.

Pihaknya bersyukur karena sempat menyelamatkan sehingga tidak tertimpa runtuhan bangunan rumah. Kini, ia dan keluarganya mengungsi ke rumah saudara yang tak jauh dari lokasi kejadian.

Baca Juga

Camat Wonoasri Heri Kurniawan mengatakan kerusakan rumah warga akibat tertimpa pohon tumbang dan angin kencang tersebut cukup parah. "Kerugian material akibat bencana tersebut diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah. Beruntung tidak ada korban luka maupun jiwa dalam kejadian tersebut," kata Heri.

Hingga Senin siang, sejumlah warga dibantu petugas Koramil dan Polsek setempat bergotong royong membersihkan bangunan rumah yang roboh dan kayu pohon. Pihaknya juga berkoordinasi dengan petugas BPBD Kabupaten Madiun guna penanganan korban bencana lebih lanjut.

Ia menjelaskan, wilayah Kecamatan Wonoasri di Kabupaten Madiun saat musim hujan sering terjadi angin puting beliung. Selain itu, juga sejumlah wilayah, yakni Pilangkenceng, Balerejo, Madiun, Sawahan, Wungu, Kebonsari, Geger, dan beberapa lainnya.

Terlebih memasuki musim hujan akhir tahun 2021, BMKG telah memberikan informasi bahwa curah hujan akan meningkat dibandingkan tahun sebelumnya akibat dampak dari fenomena La Nina.

Warga sekitar di daerah rawan bencana hidrometeorologi diharapkan waspada saat hujan deras mengguyur kawasan setempat yang disertai angin kencang.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Warga Depok Diimbau Waspadai Cuaca Ekstrem

Angin Kencang Landa Enam Dusun di Kuningan

Jawa Barat Siaga Hadapi Banjir dan Longsor

Masyarakat Diminta Waspadai Dampak La Nina

Lawan La Nina, Khofifah: Yuk Gotong Royong Bersihkan Sampah

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark