Rabu 10 Nov 2021 15:45 WIB

FIP UNJ Jadi Tuan Rumah Temu Nasional FIP-JIP 2021

FIP-JIP sangatlah penting dalam rangka penguatan keilmuan pendidikan.

Kampus Universitas Negeri Jakarta
Foto: kampusunj.com
Kampus Universitas Negeri Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada tahun 2021 ini, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta (FIP UNJ) menjadi tuan rumah penyelenggara kegiatan Forum Ilmu Pendidikan-Jurusan Ilmu Pendidikan (FIP-JIP) 2021. Kegiatan FIP-JIP 2021 ini diadakan dari tanggal 9-11 November 2021 bertempat di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Selain luring, kegiatan ini juga dilakukan secara virtual yang dapat disaksikan lewat kanal YouTube Edura TV. Kegiatan ini mengusung tema “Mengoptimalkan Implementasi Program Kampus Merdeka Untuk Lulusan yang Cerdas, Profesional, Berwawasan Kependidikan, Religius dan Cinta Tanah Air.”

Dalam sambutannya,  Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan kebudayaan (Menko PMK) Prof Muhadjir Effendy mengatakan bahwa ia optimistis Indonesia akan bisa lepas dari jebakan pendapatan menengah, kalau para pakar ilmu pendidikan mengkaji berbagai macam teori dan mencari teori yang kompatibel untuk Indonesia. 

"Dan saya terus terang ini merupakan hari bahagia untuk saya karena ini merupakan habitat saya bisa ada di sini mewakilkan bapak wakil presiden," kata Prof Muhajir, Rabu (10/11).

 

Sementara itu Ketua Pelaksana FIP-JIP 2021, Wirda Hanim, mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan kebanggaan bagi kami (FIP UNJ) sebagai penyelenggara FIP-JIP 2021 karena memperoleh dukungan dari berbagai pihak.

"Kami berharap forum FIP-JIP ini mampu memperkuat jalinan kerjasama dan kemitraan antar LPTK dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, khususnya dalam menyukseskan program "Merdeka Belajar Kampus Merdeka" dari Kemdikbudristek," kata Wirda Hanim.

Dekan FIP UNJ, Prof Fahrurrozi, dalam sambutan dan sekaligus laporan kegiatan menyampaikan, bahwa kegiatan Forum FIP-JIP 2021 ditujukan untuk mengaktualisasikan konsep dan praksis pendidikan sesuai dengan paradigma pendidikan era 4.0 yang beradaptasi dengan Program “Merdeka Belajar Kampus Merdeka”, menyiapkan kompetensi Sumber Daya Manusia yang relevan dengan Program “Merdeka Belajar Kampus Merdeka”; meningkatkan sinergitas sistem penjaminan mutu untuk mendorong akreditasi unggul dan akreditasi internasional pada setiap prodi dengan mengaktifkan peran dan fungsi Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM); menghasilkan rumusan untuk rekomendasi kebijakan kerja sama Program “Merdeka Belajar Kampus Merdeka” pada fakultas dan program studi; dan melembagakan Forum FIP-JIP sebagai organisasi berbadan hukum.

"Kami berharap dalam pelaksanaan Forum FIP-JIP 2021 selama tiga hari ini, semua peserta terlibat aktif dalam diskusi yang bermanfaat dan bermakna untuk kemaslahatan semua pihak yang berkepentingan demi peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia," kata Prof Fahrurozi.

Sedangkan Rektor UNJ, Prof. Komarudin, dalam sambutannya mengatakan, bahwa keberadaan FIP-JIP sangatlah penting dalam rangka penguatan keilmuan pendidikan; mempererat hubungan dan memperkuat jejaring antar dosen ilmu pendidikan; serta perluasan peranan ilmuan/tokoh pendidikan Indonesia untuk masyarakat, bangsa, dan Negara. Kolaborasi antar akademisi ilmu pendidikan dalam konteks nasional, regional, dan dunia menjadi sebuah keniscayaan, terlebih dalam menghadapi tantangan era disrupsi pendidikan yang sangat kompleks dan kompetitif. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement