Rabu 10 Nov 2021 17:11 WIB

Untag Surabaya Gelar Upacara Hari Pahlawan secara Langsung

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati pahlawannya.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Yusuf Assidiq
Upacara Hari Pahlawan di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.
Foto: Dokumen
Upacara Hari Pahlawan di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Pandemi Covid-19 mengakibatkan dua tahun ke belakang ini Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya melaksanakan segala sesuatunya secara virtual, tak terkecuali upacara bendera. Namun, pada peringatan Hari Pahlawan 2021, untuk pertama kalinya Untag Surabaya melangsungkan upacara bendera secara langsung di Lapangan Parkir Utara Untag Surabaya.

Dengan mengenakan pakaian daerah dan pakaian pejuang, dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan Untag Surabaya mengikuti rangkaian upacara dengan khidmat. Rektor Untag Surabaya, Mulyanto Nugroho yang mengenakan pakaian adat Bali, menjadi Inspektur Upacara dan menyampaikan pesan perjuangan pahlawan Indonesia.

"Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati pahlawannya. Dalam hal ini, kita sebagai masyarakat Indonesia yang juga sebagai penerus bangsa kiranya dapat meneladani dan mengambil nilai-nilai kepahlwanan, serta mencontoh semangat juang para pahlawan,” kata dia mengawali sambutannya.

Nugroho memaparkan, meski Indonesia mengalami penjajahan panjang dan gagal dalam merebut kemerdekaan, para pendiri bangsa Indonesia tetap membangun identitas bahwa seluruh masyarakat Indonesia bersaudara, sebangsa, dan setanah air.

Ditegaskan, masyarakat Indonesia harus kuat dalam menyatukan bangsa seperti slogan Bhineka Tunggal Ika. “Kita harus lebih maju dari tahun sebelumnya, kita harus buktikan kepada dunia kalau bersama kita bisa meneruskan cita-cita para pahlawan,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement