Solo - Yogyakarta Sepakati Kerja Sama Pariwisata

Rep: Binti Sholikah/ Red: Yusuf Assidiq

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, dan Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, menandatangani kesepakatan kerja sama kedua kota di Balai Kota Solo, Rabu (10/11).
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, dan Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, menandatangani kesepakatan kerja sama kedua kota di Balai Kota Solo, Rabu (10/11). | Foto: Humas Pemkot Solo

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menyepakati kerja sama di bidang pariwisata dengan Pemkot Yogyakarta pada Rabu (10/11). Kesepakatan dan perjanjian kerja sama diteken oleh Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, dan Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, di Balai Kota Solo, Jawa Tengah.

Gibran mengatakan, melalui kerja sama tersebut, Pemkot Solo dan Yogyakarta bakal menyinergikan dan menyinkronkan kalender event penyelenggaraan kegiatan pariwisata. "Kami tidak ingin event kita saling tumpang tindih, event yang saling kompetisi. Kita ingin saling mengisi. Kita ingin event yang sangat konkret, misalnya Solo Jogja Great Sale, Solo Jogja Marathon," kata Gibran kepada wartawan seusai penandatanganan perjanjian kerja sama.

Dengan demikian, penyelenggaraan kegiatan akan berimbas bagi dua kota sekaligus secara beriringan. Hal itu diharapkan dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi di kedua kota. "Kita ingin kebaikan warga Solo dan Jogja, kita ingin men-triger pertumbuhan ekonomi. Apalagi capaian vaksinasi di Solo dan Yogya tinggi, ini waktunya kita ngegas," tegasnya.

Sementara itu, Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti mengatakan, Pemkot Yogyakarta bersepakat dengan Pemkot Solo untuk mengembangkan kawasan aglomerasi di Solo. Pengembangan itu antara lain dalam hal kawasan berbasis pariwisata, ekonomi, dan olahraga sebagai kota yang sama-sama berbasis pariwisata.

"Ini tidak hanya berhenti di sini. OPD bikin program konkret, seperti Jogja Solo Great Sale, Marathon Jogja Solo, e-sport kita kembangkan," jelas Haryadi.

Ia menegaskan, kesepakatan tersebut akan langsung ditindaklanjuti melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Ditargetkan dua bulan terakhir di 2021 ini sudah ada hal konkret yang terealisasi. "Kita langsung berbenah, November-Desember sudah ada hal konkret," ungkapnya.

Menurut Haryadi, kerja sama dengan Pemkot Solo menjadi jangkar untuk kerja sama yang lebih luas dengan kabupaten di sekelilingnya. Termasuk, kerja sama pengembangan Kereta Rel Listrik (KRL) yang melintasi Solo dan Yogyakarta.

 

Terkait


Gibran Apresiasi Petugas Sampah sebagai Pahlawan Kebersihan

Sasaran Vaksinasi Anak di Yogyakarta Capai 41 Ribu Orang

PPKM Level 2, Solo Gelar Festival Wayang Bocah 2021

Kunjungan Wisatawan Meningkat, Yogya Masifkan Skrining

Yogyakarta Bongkar Pembatas Titik Nol Kilometer

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark