Banjir Terjang Dua Desa di Pacitan

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Fernan Rahadi

Ilustrasi Banjir
Ilustrasi Banjir | Foto: MGIT3

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hujan dengan intensitas sedang yang terjadi sejak Rabu (10/11) malam hingga Kamis (11/11) pagi menyebabkan banjir di dua desa yang berada di Pacitan, Jawa Timur. Adapun dua desa terdampak tersebut antara lain Desa Pagerejo, Kecamatan Ngadirojo dan Desa Belah di Kecamatan Donorojo.

"Merujuk data yang dikeluarkan Pusdalops Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada Kamis (11/11) pukul 12.00 WIB, tercatat sebanyak 7 KK/30 jiwa terdampak dan tujuh unit rumah terendam banjir dengan tinggi muka air (TMA) 20-50 sentimeter," ujar Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari  seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Republika, Kamis (11/11).

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan Didik Alih Wibowo menambahkan, banjir yang terjadi merupakan luapan dari anak sungai yang tidak mampu menampung air sehingga meluap hingga permukiman masyarakat. Sebab, Pacitan dari malam hingga pagi hujan dengan intensitas sedang, kemudian terjadi penyumbatan pada selokan, sehingga mengalami kenaikan debit air dan meluap ke jalan dan permukiman penduduk. 

"Meskipun sempat banjir, namun hanya terjadi sesaat karena hujan sudah reda dan langsung dilakukan pembersihan,” katanya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Banjir Rendam Ribuan Rumah di Jember

Banjir Rendam Kampung Nelayan Sadeng di Gunungkidul

Petani Panen Padi Lebih Awal Akibat Banjir

16 Titik Banjir Tercatat Saat Hujan Deras di Bandung

Sri Lanka Dilanda Banjir Besar, 12 Orang Meninggal Dunia

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark