UGM Tanam 1.000 Bibit Kopi Robusta di Gunung Gambar

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Dwi Murdaningsih

Kopi (ilustrasi)
Kopi (ilustrasi) | Foto: PixaHive

REPUBLIKA.CO.ID, GUNUNGKIDUL -- Departemen Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada (UGM) melaksanakan program penanaman 1.000 bibit kopi. Kali ini, penanaman dilakukan di Gunung Gambar, Kapanewon Ngawen, Kabupaten Gunungkidul.

 

Baca Juga

Penanaman pohon yang dilaksanakan belum lama ini merupakan bagian pengabdian masyarakat Departemen Budidaya Pertanian UGM. Tim UGM menanam 1.000 bibit kopi robusta propelegitim BP42x358 dan hibiro, serta buah-buahan dan beringin.

Ketua tim pengabdian UGM, Ir Supriyanta mengatakan, rintisan pengabdian sudah dimulai 2018 dengan penanaman tanaman kopi. Pada 2021 penanaman ditingkatkan menjadi Program Desa Mitra Dampingan Departemen Budidaya Pertanian.

"Pemilihan kopi robusta ini disesuaikan dengan kondisi lahan dan ketinggian tempat," kata Supriyanta, Jumat (12/11).

Wakil Dekan Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Pertanian UGM, Dr Rudi Hari Murti menerangkan, UGM telah melakukan MoU dengan Kapanewon Ngawen dalam tridarma perguruan tinggi. Karenanya, tidak terbatas persoalan pengabdian.

Kerja sama dapat diperluas lagi baik untuk pembelajaran mahasiswa Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan penelitian untuk dosen maupun mahasiswa. Panewu Ngawen, Soegito, menyampaikan terima kasih atas dipilihnya Gunung Gambar.

Ia berharap, kegiatan ini tidak berhenti kepada penanaman pohon saja, tapi ada pendampingan secara berkelanjutan sampai saat panen. Sebab, akan kurang jika cuma menanam dan ditinggal, tapi tidak didampingi sampai menghasilkan.

"Diharapkan dapat untuk meningkatkan destinasi wisata di sisi utara yang mempunyai pemandangan mempesona," ujar Soegito.

Penanaman pohon mendapatkan respon yang terbilang positif dari masyarakat luas. Selain warga setempat, kegiatan tanam pohon mendapat dukungan oleh banyak komunitas antara lain Resan Gunungkidul dan Sedulur Tandur Wonogiri.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Implementasi BIM Mendukung Percepatan Pembangunan

Larva Lalat Ijo dan Mata Ikan Jadi Pakan Ikan Alternatif

Dosen Fisipol UGM Dikukuhkan Sebagai Guru Besar Komunikasi

Sibaya, Permainan Edukasi Anak Belajar Budaya Jawa

UGM Luncurkan Tim Kosmopolis Rempah

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark