Selasa 16 Nov 2021 21:56 WIB

Bupati Purbalingga Ajak Petani Optimalkan Alsintan

Dinas Pertanian baru saja menyerahkan sebanyak 101 alsintan.

Bupati Purbalingga Ajak Petani Optimalkan Alsintan (ilustrasi).
Foto: Republika/Lilis Sri Handayani
Bupati Purbalingga Ajak Petani Optimalkan Alsintan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,PURBALINGGA -- Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mengajak para petani di wilayah setempat untuk mengoptimalkan penggunaan alat dan mesin pertanian (alsintan) guna meningkatkan produktivitas.

"Dengan adanya modernisasi pertanian yang ditandai dengan keberadaan alat dan mesin pertanian, maka perlu dimanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan produksi pertanian di wilayah Purbalingga," katanya di Purbalingga, Selasa (16/11).

Dia menjelaskan, pihaknya terus berupaya meningkatkan produksi pertanian di wilayah setempat, salah satu caranya dengan mendorong petani untuk mengoptimalkan alsintan. "Dinas Pertanian baru saja menyerahkan sebanyak 101 alsintan yang merupakan bantuan dari pemerintah pusat, kepada 59 kelompok tani di Purbalingga," katanya.

Dia berharap bantuan alsintan tersebut akan dapat dipergunakan dengan baik oleh para petani guna meningkatkan produktivitas dan mendukung upaya untuk menjaga ketersediaan pangan. "Kami berpesan agar alsintan yang diberikan dapat dipergunakan dengan baik oleh para petani karena bantuan dari pemerintah pusat ini bertujuan untuk membantu petani agar dapat mendongkrak produksinya," katanya.

Dia menyebutkan alat mesin pertanian yang diberikan berupa traktor, mesin pengolahan dan lain sebagainya. Dia mengatakan pihaknya juga terus menggencarkan sosialisasi tentang pertanian modern guna mendorong regenerasi pertanian di wilayah setempat.

Pemerintah Purbalingga, kata dia, berharap sosialisasi akan menarik minat generasi muda untuk terjun langsung dalam sektor pertanian atau agribisnis dan memberikan gambaran bahwa penggunaan teknologi di sektor pertanian efektif meningkatkan produktivitas dan sangat efisien.

Dia menambahkan bahwa bantuan alsintan tersebut juga akan mendukung penerapan modernisasi pertanian di wilayah setempat. "Kami berharap, selain dapat meningkatkan produktivitas pertanian, cara ini juga akan dapat meningkatkan minat generasi muda atau petani muda agar bisa berkiprah lebih luas di dunia pertanian," katanya.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement