Rabu 17 Nov 2021 12:59 WIB

Upaya Menumbuhkan Kecintaan Terhadap Matematika

Peserta diberikan gambaran tentang matematika dengan stigma berbeda yang menyertai.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq
Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengadakan Matriks Mathematics Olympiad (MMO) dan Lomba Esai Matematika Nasional (LEMNAS).
Foto: dok. Humas UMM
Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengadakan Matriks Mathematics Olympiad (MMO) dan Lomba Esai Matematika Nasional (LEMNAS).

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berupaya menumbuhkan kecintaan generasi muda terhadap matematika. Hal ini dibuktikan melalui Matriks Mathematics Olympiad (MMO) dan Lomba Esai Matematika Nasional (LEMNAS) yang diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Matematika FKIP UMM, beberapa waktu lalu.

Ketua Prodi Pendidikan Matematika UMM,  Moh Mahfud Effendy mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka menumbuhkan kecintaan pada matematika. Pasalnya, saat ini terdapat penurunan minat siswa dan mahasiswa terhadap matematika. “Dari situlah muncul kekhawatiran mengenai regenerasi pecinta matematika,” ujarnya, Selasa (16/11).

Selain itu, agenda ini juga memuat berbagai edukasi matematika. Para peserta diberikan gambaran tentang matematika dengan stigma berbeda yang menyertainya. Tidak hanya di kalangan akademisi tapi juga di masyarakat yang memandang bahwa matematika itu kaku dan tidak fleksibel.

Mahfud berharap bisa menciptakan silaturahim dan edukasi sehingga para peserta dapat menyebarkan virus cinta matematika kepada teman-temannya. Prinsipnya, ini adalah bentuk komitmen UMM dalam upaya melahirkan sumber daya manusia Indonesia yang unggul di bidang matematika.

Menariknya, Prodi Pendidikan Matematika tidak hanya memberikan hadiah berupa sertifikat dan uang pembinaan. Tapi juga memberikan free pass Prodi Pendidikan Matematika UMM bagi mereka yang juara. Hal ini merupakan bentuk apresiasi dan wadah bagi talenta para peserta.

“Jangan sampai mereka-mereka ini tidak dapat melanjutkan pendidikan karena ada kendala teknis. Adapun di Prodi Pendidikan Matematika juga berupaya sebaik mungkin agar mahasiswa bisa studi tepat waktu dengan keterampilan yang luas. Apalagi ditunjang dengan program-program unggulan seperti Karya Ilmiah Setara Skripsi (KISS), Asistensi Magang Skripsi dan KKN (ASIK Plus), Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM),” ungkapnya.

Terpisah, ketua pelaksana, Laisanti Ayu Febriani mengatakan, antusiasme para peserta terlihat tinggi. Tercatat, ada 77 peserta tingkat SMP/sederajat dan 81 peserta tingkat SMA/sederajat. Total ada 158 peserta untuk Matriks Mathematics Olympiad yang dilaksanakan pada tahun ini.

Olimpiade ini terbagi dalam tiga babak, dimulai dengan babak penyisihan, semifinal, dan kemudian final. Babak penyisihan dilaksanakan pada 10 Oktober 2021, sementara babak semifinal dan final dilaksanakan 13 November 2021. Sementara itu, lomba esai terbagi dalam dua tahap, diawali dengan tahap seleksi, kemudian tahap final yang juga digelar pada 13 November lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement