Gerhana Bulan Sebagian Dapat Disaksikan dari Malang

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Andi Nur Aminah

Gerhana bulan (ilustrasi)
Gerhana bulan (ilustrasi) | Foto: Dok Itera

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Kasi Data dan Informasi BMKG Kelas 1 Juanda, Teguh Tri Susanto mengatakan, fenomena gerhana bulan sebagian yang diprediksi terjadi pada Jumat (19/11) dapat disaksikan dari hampir seluruh daerah di Jawa Timur. Namun, kata dia, gerhana bulan sebagian tersebut paling jelas bisa diawasi masyarakat yang tinggal di daerah Malang dan sekitarnya.

"Warga Malang dan sekitarnya bisa mengamati GBS saat mulai bulan terbit pukul 17.30 WIB, hingga gerhana berakhir pukul 19.05 WIB," ujarnya, Rabu (17/11).

Teguh memprediksi, total durasi gerhana buran sebagian berlangsung selama enam jam lima menit tujuh detik. Namun, kata dia, hanya sebagian fase gerhana bulan sebagian yang bisa diamati dari Indonesia atau sekitar tiga jam 29 menit. Yakni akhir dari fase gerhana sebagian dan gerhana bulan penumbra.

Teguh menjelaskan, gerhana bulan atau lunar eclipse merupakan suatu peristiwa terhalangnya cahaya matahari oleh bumi. Sehingga, tidak semua cahaya bisa sampai ke Bulan. Peristiwa gerhana bulan merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi matahari, bumi, dan bulan.

Baca Juga

Teguh menyebut, ada dua jenis gerhana bulan, yakni gerhana bulan sebagian dan total. "Gerhana bulan sebagian terjadi saat sebagian piringan bulan masuk ke umbra (bayangan utama) bumi," kata Teguh.

Teguh melanjutkan, pada puncak gerhana bulan sebagian, berakibat pada warna bulan yang akan berubah. Cenderung berwarna gelap dan kemerahan pada sisi yang terkena umbra bumi.

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Aktivitas La Nina Picu Cuaca Ekstrem di Kalsel

Warga Depok Diimbau Waspadai Cuaca Ekstrem

BMKG Prediksi Curah Hujan Naik 70 Persen Hingga Januari

PLN Siap Listriki Rumah Pompa Air Jakarta

Gubernur Jateng Minta Warga Pegunungan Siaga Gempa

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark