Sabtu 20 Nov 2021 02:22 WIB

RSUD Tulungagung Perkenalkan Rumah Tanding di Forum Kovablik

Tak sedikit pengunjung yang memanfaatkan "telemedicine".

RSUD Tulungagung Perkenalkan Rumah Tanding di Forum Kovablik (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Destyan Sujarwoko
RSUD Tulungagung Perkenalkan Rumah Tanding di Forum Kovablik (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,TULUNGAGUNG -- Pihak RSUD dr. Iskak Tulungagung, Jawa Timur memperkenalkan konsep pelayanan perumahsakitan "Rumah Tanding" (Rumah sakit tanpa dinding) di forum Kompetisi Inovasi Layanan Publik (Kovablik) 2021.

Pameran yang ditutup dengan malam inaugurasi terhadap berbagai inovasi pelayanan publik unggulan itu diikuti 128 standan digelar di Exhibition Hall Grand City Surabaya, sejak Kamis (18/11) hingga Jumat (19/11). "Konsep 'Rumah Tanding' yakni memberikan pelayanan kesehatan secara paripurna dengan mengintegrasikan pelayanan pre-hospital, intra-hospital, dan post hospital melalui platform Public Safety Centre (PSC)," kata Kasi Informasi dan Pemasaran RSUD dr. Iskak Tulungagung, Mochamad Rifai.

Ia menjelaskan "Rumah Tanding" memanfaatkan teknologi informasi dengan "telemedicine" sehingga cocok untuk situasi pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Konsep layanan "Rumah Tanding", katanya, melindungi kelompok rentan atau mempunyai penyakit penyerta (komorbid), sekaligus melakukan pemantauan terhadap perkembangan pasien COVID-19 yang melakukan isolasi mandiri, sebab tidak akan terpengaruh jarak, ruang, dan waktu.

Untuk itu, katanya, dalam pameran ini RSUD dr Iskak Tulungagung mencoba mengenalkan kepada masyarakat mengenai "telemedicine".

Bahkan, pengunjung yang datang ke stanRSUD dr IskakTulungagung dapat melakukan konsultasi langsung dengan dokter melalui aplikasi zoom meeting atau panggilan video. "Pengunjung yang ingin konsultasi akan kami hubungkan langsung dengan dokter yang ada di RSUD dr Iskak dengan 'video call' (panggilan video) sehingga tidak membatasi ruang maupun waktu," ujarnya.

Meski baru hari pertama, pengunjung tampak antusias mengunjungi stan RSUD dr Iskak Tulungagung. Tak sedikit pengunjung yang memanfaatkan "telemedicine" untuk dapat berkonsultasi langsung dengan dokter sesuai bidangnya. Tak hanya "telemedicine", di stan pengunjung juga dapat melakukan pengecekan kesehatan ringan, seperti tekanan darah (tensi) dan kadar gula.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement