Mahasiswa UMM Raih Predikat Duta Lingkungan Kabupaten Malang

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq

Mahasiswa Prodi Ilmu Keperawatan, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Salvania Salvy Prihanta. D
Mahasiswa Prodi Ilmu Keperawatan, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Salvania Salvy Prihanta. D | Foto: Humas UMM

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Mahasiswa Prodi Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Salvania Salvy Prihanta, mendapatkan predikat sebagai Duta Lingkungan Kabupaten Malang pada ajang Joko Roro 2021. Babak grand final kompetisi Joko Roro ini dilaksanakan di Shanaya Resort Karangploso, Kabupaten Malang.

Perempuan disapa Salvi mengatakan, ada berbagai persiapan sebelum mengikuti kompetisi. Hal ini dimulai dari mentoring, persiapan secara mental, dan materi terkait pariwisata Kabupaten Malang. Ia juga menjelaskan berbagai seleksi yang harus dilewati hingga bisa mendapatkan predikat tersebut.

"Dimulai dengan tes tulis dan open interview, deep interview, diskusi kelompok terpimpin, dan yang terakhir yakni presentasi wisata," katanya, Sabtu (20/11).

Pada tahap terakhir, Salvi memilih kecamatan Dau untuk dipresentasikan. Ia menilai, banyak destinasi wisata yang dikelola oleh masyarakat. Salvi juga menerangkan ada berbagai UMKM menarik milik warga setempat.

Setelah lolos tahap seleksi, ia harus mengikuti proses karantina selama satu bulan lebih yang tersebar di berbagai lokasi. Karantina tersebut tidak hanya dilakukan secara luring, tapi juga dilakukan secara daring. Pada format luring, para peserta diajarkan materi terkait bagaimana mempromosikan wisata dan membuat video.

Adapun untuk kegiatan daring lebih berfokus pada pendalaman materi yang sudah diberikan.  “Saya mendapatkan banyak sekali pengalaman dan koneksi. Hal ini tentu mampu memberikan wawasan yang belum pernah saya dapat sebelumnya,” ungkapnya.

Terkait predikat Duta Lingkungan yang diraih, nantinya ia akan bekerja sama dengan Dinas Lingkungan. Ia akan melakukan promosi mengenai agenda dan acara dinas lingkungan kepada masyarakat.

Hal itu bertujuan untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga dan merawat lingkungan. Terakhir, Salvi berharap, dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat untuk meningkatkan kesadaran akan urgensinya lingkungan bagi kehidupan.

Terutama bagi  generasi muda yang akan mengemban amanah dan jabatan di masa depan. Dia akan berusaha sebaik mungkin untuk menjadi Duta Lingkungan yang mampu memberikan perubahan signifikan.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 

Terkait


Mahasiswa UMM Berdayakan Penghuni Panti

Bahas Penanganan Limbah Medis, Mahasiswa UMM Juara Esai

Kabupaten Malang Miliki Potensi Peternakan Cukup Siginifikan

Kabupaten Malang Siap Jadi Pusat Rehabilitasi Elang Jawa 

Bupati Klaim Angka Stunting di Kabupaten Malang Terus Turun

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark