UMP - Arab Saudi Jalin Kerja Sama Akademik dan Budaya

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq

 Pertemuan antara Kepala BUI UMP Condro Nur Alim PhD dengan Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk RI Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafi.
Pertemuan antara Kepala BUI UMP Condro Nur Alim PhD dengan Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk RI Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafi. | Foto: Dokumen.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Banyumas, Jawa Tengah, melalui Biro Urusan Internasional (BUI) menjalin kerja sama dengan Kerajaan Arab Saudi. Kerja sama meliputi bidang akademik dan budaya.

Kepala BUI UMP, Condro Nur Alim PhD dalam pertemuan Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk RI Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafi mengatakan, pertemuan tersebut membahas beberapa agenda kerja sama antara UMP dengan universitas di Kerajaan Arab Saudi.

"Kita ingin mempunyai hubungan kerja sama lebih erat dengan Arab Saudi karena mereka mempunyai sumber daya bagus dan ini sangat strategis bagi perkembangan UMP di masa depan. Selain di bidang akademik, kerja sama di bidang budaya juga akan kita perkuat," ujar Kepala BUI UMP Condro Nur Alim PhD, Selasa (23/11).

Ia menjelaskan kerja sama dengan Kerajaan Arab Saudi meliputi pertukaran dosen dan mahasiswa, penelitian bersama, publikasi, dan penyelenggaraan kegiatan budaya bersama.

"Kami sangat berharap nantinya ada dosen UMP yang berkesempatan untuk menjadi dosen tamu di universitas Arab Saudi, demikian juga mahasiswa UMP akan mempunyai kesempatan untuk mengikuti program pertukaran mahasiswa. Kami juga berharap ke depan akan ada mahasiswa dari Saudi yang belajar di UMP," ujarnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafi menilai pertemuan ini menjadi awal yang bagus sebagai pintu masuk bagi UMP untuk melakukan kerja sama dengan universitas-universitas di Arab Saudi.

Kedutaan Saudi di Indonesia akan siap membantu untuk memfasilitasi berbagai hal yang diperlukan dalam mewujudkan kerja sama antara UMP dengan universitas di Saudi mulai dari pembuatan MoU hingga implementasinya.

Duta Besar Kerajaan Arab Saudi, Syekh Essam, menyampaikan apresiasinya atas pertemuan dengan BUI UMP dan mendorong percepatan realisasi kerja sama antara UMP dan universitas di Arab Saudi

"Saya sangat bergembira dengan kunjungan anda semua, dan insya Allah saya bersedia hadir untuk mengisi seminar di UMP, apalagi Dubes sebelum saya pernah berkunjung ke UMP," ujar Syekh Essam dalam Bahasa Arab, yang diterjemahkan oleh Asdi Nurkholis SPdI BEd MPd Kepala Divisi Timur Tengah BUI UMP.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Menag: Indonesia Masuk Prioritas untuk Haji dan Umroh

Saudi Segera Keluarkan Izin Tawaf untuk Jamaah Non-umroh

Jamaah tak Perlu Lagi Ajukan Izin ke Masjid Nabawi

Soal Umroh, Menag: Insya Allah Ada Kabar Baik

Buruh Bekasi Minta UMK 2022 Naik Tujuh Persen

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark