Selasa 23 Nov 2021 16:56 WIB

Batavia Team UNJ Raih Piala pada Event KMHE 2021

Ajang tersebut merupakan level tertinggi kompetisi mobil hemat energi di Indonesia.

Tim mobil hemat energi Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Batavia Team UNJ kembali berhasil meraih penghargaan dalam Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2021 yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Pusprenas) Kemendikbud Ristek.
Foto: dokpri
Tim mobil hemat energi Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Batavia Team UNJ kembali berhasil meraih penghargaan dalam Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2021 yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Pusprenas) Kemendikbud Ristek.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim mobil hemat energi Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Batavia Team UNJ kembali berhasil meraih penghargaan dalam Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2021 yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Pusprenas) Kemendikbud Ristek. Kontes Mobil Hemat Energi 2021 dilakukan secara hibrid yaitu luring dan daring.

Ajang berskala nasional tersebut merupakan level tertinggi kompetisi mobil hemat energi di Indonesia. Perlombaan ini diikuti oleh 72 perguruan tinggi se-Indonesia di mana jumlah pesertanya sebanyak 72 tim, yang dibagi dalam 2 konsep mobil yaitu Urban Concept dan Prototype Concept. Dalam tiap konsep, dibagi kembali menjadi beberapa kategori sesuai dengan jenis bahan bakar yang digunakan yaitu gasoline, diesel, ethanol, dan listrik.

Pada KMHE 2021 ini, sistem kompetisinya berbeda dengan tahun sebelumnya, di mana ada proses seleksi administratif terlebih dahulu, lalu dilanjutkan dengan proses seleksi laporan desain kendaraan. Setelah itu dilanjutkan dengan seleksi Video Technical Inspection dan yang terakhir ada Finalis yang berhak mengikuti kegiatan secara offline pada tanggal 15-20 November 2021 di Sirkuit Gelora Bung Tomo, Surabaya. Untuk tahun ini yang ditunjuk menjadi tuan rumah adalah Universitas Negeri Surabaya.

Pada kegiatan ini, Batavia Team UNJ mengikuti kelas prototipe dengan bahan bakar listrik dan berhasil membawa pulang piala juara kedua dalam KMHE 2021 dengan result 428,69 kilometer per kwh. Pada kelas Prototype berbahan bakar listrik ini, terdapat empat tim finalis yang berkompetisi yaitu Universitas Negeri Jakarta, Universitas Gajah Mada, Universitas Sriwijaya, dan Universitas Muhammadiyah Yogykarta. Sebelumnya jumlah tim yang terdapat pada kategori ini adalah 23 tim, lalu disaring menjadi 17 tim dan akhirnya menjadi empat tim finalis. Kategori Prototype Listrik merupakan kategori dengan jumlah tim terbanyak pada KMHE tahun ini.

General Manager Batavia Team UNJ, Yuga Fitri Nur Syamsy  menyampaikan rasa syukur dan ucapan terima kasih kepada UNJ dan pihak sponsorship yang telah mendukung Batavia Team UNJ sampai menjadi Juara. Yuga berharap ke depannya Batavia Team UNJ dapat terus meraih prestasi yang lebih baik dalam kompetisi mobil hemat energi yang akan datang.

Sementara itu, Dosen Pembimbing Batavia Team UNJ Pratomo Setyadi, mengatakan dirinya turut gembira atas prestasi tim tersebut ini sehingga dapat menjadi semangat dan motivasi agar lebih baik ke depannya nanti.

Terkait prestasi dari Batavia Team UNJ,  Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FT UNJ Efri Sandi mengapresiasi setinggi-tingginya atas prestasi mahasiswa FT UNJ dan mengungkapkan bahwa prestasi tim Batavia ini harus menjadi pemacu semangat dan motivasi seluruh mahasiswa Fakultas Teknik dan UNJ untuk terus berupaya meraih prestasi dan mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki.

Dekan FT UNJ, Uswatun Hasanah selaku mengatakan bahwa mahasiswa Fakultas Teknik melalui tim Batavia dapat membuktikan bahwa mahasiswa FT UNJ mampu bersaing dengan mahasiswa dari perguruan tinggi besar lainnya di Indonesia dan berprestasi di level nasional.

Rektor UNJ, Prof Komarudin juga turut mengapresiasi atas prestasi yang diraih oleh Batavia Team UNJ. "Selamat untuk Batavia Team UNJ. Prestasi ini menunjukan kualitas mahasiswa UNJ yang sangat luar biasa dan ini sangat membanggakan bagi nama baik UNJ. Semoga dapat terus meraih prestasi bagi Batavia Team UNJ dan berharap dunia usaha serta industri dapat bekerjasama dengan Batavia Team UNJ dalam mengembangkan produk otomotif karya mahasiswa dan dosen UNJ ini," ujar Prof Komarudin.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement